Kamis, April 18, 2024
Berita TambangMengulik Manfaat Rare Earth yang Jarang Diketahui

Mengulik Manfaat Rare Earth yang Jarang Diketahui

Manfaat Rare Earth yang jarang diketahui – Rare Earth juga dikenal dengan istilah logam tanah jarang. Logam yang satu ini tidak sungguh-sungguh jarang ditemukan di permukaan bumi, namun karena proses yang harus dilakukan untuk mengolah logam-logam tersebut cukup rumit, maka dinamakan demikian. 

Dalam tabel periodik unsur kimia, orang dapat menemukan rare earth. Ke-17 unsur kimia yang tercatat dalam tabel tersebut dinamakan logam tanah jarang, karena memiliki persebaran yang tidak merata. Memang hanya sedikit wilayah di dunia ini yang memiliki sebaran logam tanah jarang dalam lokasi yang berkelompok.

Sejak abad ke-18 logam tanah jarang ini sudah ditemukan. Saat itu pula para peneliti berlomba-lomba untuk menemukan jenis logam baru yang termasuk dalam jenis rare earth.

Rare earth memiliki berbagai manfaat, misalnya sering dimanfaatkan sebagai penyempurna produk teknologi. Peralatan gadget yang banyak digunakan saat ini membutuhkan logam tanah jarang sebagai lapisan di bagian layarnya.

Logam tanah jarang juga merupakan bahan pembuatan neo magnet. Magnet yang memiliki kekuatan yang lebih besar daripada magnet biasa. 

Baca Artikel  Dahsyat! Indonesia Punya Harta Karun Melimpah Incaran Dunia

Selain itu, logam tanah jarang juga sangat penting dalam industri logam karena mampu menambah kekuatan dan ketahanan logam yang sedang ditempa. Maka industri otomotif membutuhkan rare earth dalam jumlah yang tidak sedikit.

Di dunia militer, berbagai alutsista seperti rudal, satelit, laser dan berbagai persenjataan lainnya memerlukan rare earth sebagai komponennya. 

Masih banyak manfaat lain logam tanah jarang di berbagai kegiatan industri dunia. Hal ini menyebabkan logam tanah jarang menjadi salah satu objek bisnis dengan prospek yang sangat besar. Demikianlah pengertian dan manfaat logam tanah abang, eeeh jarang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer