Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangNational Miners Day, Berikut Info Menarik Seputar Pekerja Tambang

National Miners Day, Berikut Info Menarik Seputar Pekerja Tambang

ilmutambang.com – Setiap tanggal 6 Desember diperingati sebagai Hari Pekerja Tambang Nasional (National Miners Day). Peringatan ini yang diinisiasi pada 2009 merupakan bentuk penghargaan pada pekerja tambang di seluruh dunia. 

Pekerja tambang mengabdi untuk mengumpulkan bahan-bahan mineral dengan risiko keselamatan yang tinggi dalam setiap kegiatan penambangan tersebut.

Hari penambang nasional ini secara umum diperingati di Amerika Serikat dan Kanada. Berikut 3 fakta unik dan menarik di seputar pekerja tambang yang perlu Kawan Tambang ketahui: 

  • Pertambangan Dilakukan Sebelum Masehi

    Pertambangan merupakan salah satu kegiatan tertua yang dilakukan oleh manusia. Penambangan dilakukan untuk mengambil beberapa jenis batuan.

    Kegiatan penambangan sudah dilakukan sejak sekitar 3000-5000 tahun sebelum masehi. Bahkan penambangan batu sudah dilakukan di Afrika sejak 40.000 tahun sebelum masehi, dengan ditemukannya tambang kuno di Aswatini. 
  • Bayaran Penambang Dapat Menembus Rp20 Juta

    Pekerja tambang memerlukan keahlian khusus dan mengandung risiko. Tak heran, mereka mendapatkan bayaran yang cukup beragam, tergantun jenis mineral yang ditambang dan kualifikasi pekerja tambang tersebut.

    Gaji rata-rata pekerja tambang di Indonesia berkisar antara 4 juta/ bulan hingga 18 juta/bulan. Bahkan beberapa perusahaan tambang membayar pekerja mereka sampai 23 juta/bulan.  
  • Pekerja Tambang Sering Berinteraksi dengan Bahan Peledak

    Pekerjaan di pertambangan memiliki risiko tinggi. Salah satunya karena penggunaan beberapa jenis bahan peledak yang berbahaya.

    Penggunaan bahan peledak ini bertujuan untuk membuka jalur-jalur penambangan baru dan membersihkan susunan batuan yang sulit dilakukan dengan mesin.
Baca Artikel  Ini Dia Segudang Keunikan Logam, Mulai dari Sifat dan Manfaatnya..

Kawan tambang, itu dia tiga informasi menarik mengenai pekerja tambang. Semoga  penjelasan di atas dapat menambah perbendaharaan pengetahuan kamu tentang dunia industri tambang ya! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer