Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangPenasaran Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Pertambangan?

Penasaran Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Pertambangan?

ilmutambang.com – Setelah di artikel sebelumnya membahas seputar hal-hal yang berhubungan dengan jurusan teknik pertambangan, mulai mempelajari apa itu teknik pertambangan, peluang karir setelah lulus nanti, alasan kenapa perlu memilih jurusan ini, dan sebagainya. 

Nah dalam artikel ini, kita akan bahas terkait mata kuliah apa saja yang nantinya akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik pertambangan di bangku perkuliahan nanti. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya bagi Kawan Tambang  yang baru lulus SMA/SMK dan ingin melanjutkan ke program studi Teknik Pertambangan.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Pertambangan

Agar pembahasan tentang jurusan Teknik Pertambangan lebih lengkap, dalam artikel ini menjelaskan beberapa daftar mata kuliah yang diajarkan nanti di bangku perkuliahan. Tentunya ini bisa menjadi acuan mengenai apa yang akan dipelajari nantinya. 

Mengutip situs DuniaIlkom, berikut daftar mata kuliah jurusan Teknik Pertambangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Tidak dapat dipungkiri, ITB menjadi salah satu kampus terbaik untuk kuliah Teknik, terutama Teknik Pertambangan.

Di jurusan Teknik Pertambangan ITB, nantinya terdapat 2 pilihan bidang konsentrasi, yakni Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum. Bidang konsentrasi ini ditentukan pada semester 5 atau tahun ke-3 perkuliahan. Lalu yang menjadi pertanyaan, apa perbedaan dari keduanya?

Baca Artikel  Kepoin Yuk Apa Saja Metode dalam Eksplorasi Mineral Tambang Batubara

Bidang konsentrasi Tambang Eksplorasi akan lebih terfokus pada proses pencarian barang tambang itu sendiri, yakni proses penemuan (finding) dan pembuktian (proving).

Sedangkan bidang Tambang Umum akan lebih terfokus pada proses kegiatan tambang sehari-hari, yakni proses setelah tambang ditemukan, mulai dari pembongkaran material, ventilasi serta mempelajari kestabilan tanah pada tambang bawah tanah.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer