Kamis, April 18, 2024
Ilmu TambangMengenal Lebih Dekat dengan Posisi Pengawas Operasional Pertama

Mengenal Lebih Dekat dengan Posisi Pengawas Operasional Pertama

Posisi Pengawas Operasional Pertama di perusahaan pertambangan wajib memiliki kompetensi saat melaksanakan inspeksi, pemeriksaan dan pengujian kegiatan operasional pertambangan di tempat yang menjadi tanggung jawabnya.

Apa itu Pengawas Operasional Pertama ?

Pengawas Operasional Pertama (POP) adalah orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan inspeksi, pemeriksaan, dan pengujian kegiatan operasional pertambangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai kaidah teknik pertambangan yang baik. 

Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018, menetapkan perusahaan pemegang IUP eksplorasi, IUPK eksplorasi, IUP operasi produksi dan IUPK operasi produksi wajib memiliki tenaga teknis Pengawas Operasional pertambangan yang kompeten sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi dan Mineral Batubara (PPSDM Geominerba) merupakan lembaga diklat terakreditasi A, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bertujuan untuk membantu perusahaan pemegang IUP dalam mempersiapkan para praktisi pertambangan pada tingkatan operator operasional. 

Baca Artikel  Anak Tambang Wajib Tahu Sejarah Batubara di Indonesia

Sertifikasi POP Pertambangan

Salah satunya yaitu Diklat Pemenuhan dan Uji Kompetensi POP pada Pertambangan yang diselenggarakan untuk para Pengawas Operasional Pertama agar mempunyai pengetahuan teknis sesuai yang disyaratkan.

Agar Kawan Tambang mengenal lebih jauh terkait POP mulai dari kriteria, tugas dan tanggung jawab seorang Pengawas di pertambangan sesuai peraturan perundang-undangan, yuk simak informasinya di bawah: 

Kriteria

  • Memiliki sertifikat kompetensi POP atau sertifikat kualifikasi yang diakui sesuai jenjang jabatannya; 
  • Menduduki jabatan di dalam divisi atau departemen operasional pertambangan; dan 
  • Memiliki anggota yang berada di bawahnya dan/atau melakukan pengawasan terhadap divisi atau departemen lainnya; 

Tugas dan Tanggung Jawab

  • Bertanggung jawab terkait keselamatan dan kesehatan semua pekerja tambang yang menjadi bawahannya; 
  • Melaksanakan inspeksi, pemeriksaan, dan pengujian; 
  • Membuat dan menandatangani laporan pemeriksaan, inspeksi, dan pengujian; 
Baca Artikel  Hadapi Transisi Energi, Produsen Batubara Gencar Hilirisasi

Nah itu dia informasi mengenai posisi seorang POP di Pertambangan. Setelah mengetahui itu semua, Kawan Tambang tertarik gak nih untuk bekerja menjadi Pengawas Operasional Pertama?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer