Jumat, Juni 14, 2024
Ilmu TambangPengemudi Truk Tambang, Lakukan Ini Agar Terhindar Rem Blong

Pengemudi Truk Tambang, Lakukan Ini Agar Terhindar Rem Blong

Pengemudi Truk Tambang – Penyakit rem blong kerap dialami berbagai kendaraan besar, salah satunya truk tambang. Rem blong apabila dibiarkan bisa memberikan dampak fatal, karena akan mencelakai orang-orang dan para pengendara di sekitarnya. 

Lalu bagaimana cara merawat truk tambang yang benar agar terhindar dari penyakit ini? 

  1. Khusus untuk kendaraan truk tambang yang sudah menggunakan sistem pengereman Air Braking System, bisa memeriksa beberapa komponen penting seperti tangki penyimpanan udara, selang udara maupun suplai udara pada air compressor.
  2. Selain memeriksa komponen pengereman, perlu memastikan tekanan minimum untuk kendaraan sistem udara tidak kurang dari 100 psi (Pounds per Square Inch)
  3. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pengereman truk, bisa memeriksanya dengan menginjak pedal gas kemudian dengarkan apakah ada kebocoran udara pada saluran pipa. Tahan pedal rem, dan perhatikan indikator tekanan udara, jika ada penurunan tekanan berarti ada kebocoran.
  4. Periksa juga kondisi piringan cakram atau tromol rem dan pastikan piston tidak macet, terutama dari karat dan kerusakan bagian karet-karet piston.

Nah, itulah beberapa langkah penting yang perlu dilakukan pengemudi truk tambang sebelum bekerja agar terhindar dari rem blong.  Selain agar terhindar dari kecelakaan, hal ini juga untuk mencegah terjadi jatuhnya korban jiwa. 

Sebagai pengemudi atau pelaku bisnis di sektor pertambangan, sebaiknya juga perlu memperhatikan perawatan kondisi mobil terutama dalam sistem pengeraman agar tetap aman dan terhindar dari masalah rem blong.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer