Minggu, April 21, 2024
Ilmu TambangSafety First! 5 Cara Menghindari Kecelakaan Kerja di Tambang

Safety First! 5 Cara Menghindari Kecelakaan Kerja di Tambang

Usaha di pertambangan merupakan kegiatan dengan risiko yang cukup tinggi. Cara menghindari kecelakaan kerja menjadi prioritas utama di banyak perusahaan tambang seperti batubara, mineral sampai logam. 

Kecelakaan kerja di sektor ini kapan saja bisa terjadi. Bukan karena kesalahan perusahaan atau kelalaian pekerja, namun ada beberapa hal tidak terduga sering muncul dalam tambang.

Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghindari kecelakaan kerja di pertambangan: 

  1. Pahami Bekerja di Sektor Tambang itu Beresiko 

Langkah pertama dalam cara menghindari kecelakaan kerja adalah menyadari bahwa area tambang itu berbahaya. Bekerja di sektor ini penuh resiko karena bersentuhan langsung dengan banyak material tambang. 

Baca Artikel  Tak Cuma Cuan! Ini Alasan Memilih Kerja di Pertambangan

Apa yang harus dipahami oleh pekerja adalah menyadari dan menerima bekerja di lingkungan pertambangan bisa menimbulkan beberapa kecelakaan. Itulah mengapa setiap pihak harus tetap waspada dan jangan mengabaikan resiko bahayanya.

  1. Dapatkan Pelatihan Profesional

Setiap pekerja harus mendapatkan pelatihan standar dan pelatihan profesional untuk memberikan pengetahuan yang luas mengenai kegiatan dunia tambang. 

Para pekerja tetap harus mendapatkan pelatihan untuk memperbarui pengetahuan dan kemampuannya secara berkala.

  1. Tugas yang Berbahaya Membutuhkan Perencanaan dan Komunikasi

Pengalokasian biaya untuk keselamatan ekstra sangat penting, terutama demi keamanan dan keselamatan pekerja. Pemberian instruksi harus diberikan sejelas mungkin. Maka perencanaan dan komunikasi sangat penting bagi standar keamanan dan keselamatan kerja yang lebih baik.

  1. Selalu Menggunakan Perlengkapan Keamanan
Baca Artikel  7 Tips Ini Bisa Mencegah Kecelakaan di Pertambangan

Menggunakan perlengkapan keamanan, yaitu helm, kacamata pengaman dan sarung tangan. Perlengkapan lain dengan teknologi terbaru harus disediakan untuk mendukung keamanan dan keselamatan para pekerja.

Baca Juga: Pentingnya Investigasi Kecelakaan di Tempat Kerja

  1. Ikuti Standar Keamanan Terbaru

Pembaruan terhadap standar keamanan dan keselamatan kerja dibutuhkan, supaya semua pihak yang terlibat mampu memahami informasi terbaru. Dengan demikian para pekerja juga dapat lebih siap saat bekerja.

Itu dia lima cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari kecelakaan saat bekerja. Standar keamanan dan keselamatan kerja di setiap perusahaan pasti berbeda. Namun, tujuannya tetap sama, yaitu. meminimalkan dan menghindari kecelakaan kerja di wilayah pertambangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer