Minggu, Juni 16, 2024
Ilmu TambangSalina Turda, Tempat Wisata Indah Bekas Tambang Garam

Salina Turda, Tempat Wisata Indah Bekas Tambang Garam

Wisata Salina Turda – Bekas tambang garam bawah tanah di Rumania, kini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang ingin ber wisata dengan keluarga. 

Amazing Salina Turda adalah tambang garam di daerah Durgău-Valea Sărată di Turda, kota terbesar kedua di Kabupaten Cluj, barat laut Rumania.

Tambang garam ini dibangun sedalam 122 meter. Garam pertama kali diekstraksi di sini sekitar 900 tahun lamanya, yaitu antara 1075 sampai 1932. Salina Turda termasuk salah satu tambang garam tertua di dunia.

Namun sejak 1992, Salina Turda telah dijadikan tujuan wisata. Ada danau bawah tanah yang bisa dijelajahi dengan perahu dayung, amfiteater, kincir ria, ruang spa dengan aerosol alami, arena bowling, golf mini, lapangan olahraga, tenis meja, dan meja biliar.

Baca Artikel  Yuk Kenali Alat untuk Perawatan Jalan Tambang

Selain itu Salina Turda juga dijadikan museum sejarah tambang garam dengan foto-foto penambangan di masa lalu dan sisa-sisa penambangan.

Bekas tambang garam ini melayani terapi dengan menggunakan garam sebagai bahan utamanya.

Terapi garam (Halotherapy) ini bisa membantu penyembuhan masalah pernapasan dan kulit.

Salina Turda terdiri dari beberapa bagian, yaitu Losif Mine, Terezia Mine dan Rudolf Mine.

Baca Juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Sektor Tambang Indonesia

Losif Mine berbentuk kerucut dengan kedalaman 122 meter. Terezia Mine juga memiliki kedalaman 112 meter namun memiliki sungai bawah tanah. Sementara Rudolf Mine memiliki kedalaman 42 meter.

Untuk mencapai bagian Losif Mine dan Terezia Mine diperlukan lift. Sedangkan untuk mencapai Rudolf Mine, hanya dengan menuruni tangga 13 lantai. 

Baca Artikel  Drill Jumbo, Jagonya Ngebor Tambang Bawah Tanah

Salina Turda yang luas ini semakin terkesan megah, karena dihiasi pencahayaan layaknya taman hiburan modern.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer