Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangYuk Kenali Alat untuk Perawatan Jalan Tambang

Yuk Kenali Alat untuk Perawatan Jalan Tambang

Kondisi jalan tambang sangat menentukan efisiensi dan produktivitas kerja, maka dari itu perawatan jalan tambang dengan menggunakan alat-alat berat dan perlakuan khusus sangat perlu diterapkan oleh setiap perusahaan tambang. 

Biasanya perawatan jalan tambang menggunakan alat berat bernama Single Drum Roller. Hanya saja utilisasi alat tersebut kurang maksimal karena masih terdapat sebagian jalan belum terpadatkan dengan baik sehingga kembali melengkung atau terdeformasi lagi.

Bomag Terrameter menjadi salah satu alat yang digunakan dalam perawatan jalan tambang. Dalam hal ini PT United Tractors Tbk (United Tractors) yang berperan sebagai distributor alat berat merek Bomag menghadirkan produk Bomag di Indonesia yang dilengkapi dengan opsional teknologi Terrameter, sebuah sistem pengukuran pemadatan tanah pada Bomag Single Drum Roller. 

Baca Artikel  Kebijakan K3 yang Wajib Diwujudkan di Perusahaan Tambang

Sistem ini bekerja menggunakan sensor pada drum untuk mampu mengukur pemadatan tanah.  Nantinya sensor akan merekam akselerasi dan kekuatan dari tanah yang digetarkan oleh drum. Dari sensor tersebut akan menghasilkan nilai tekanan dari lapisan tanah yang  disebut “Nilai E-VIB” dengan satuan MN/m2

Baca Juga : 5 Kegiatan Perusahaan Tambang yang Berikan Segudang Manfaat

Pada akhirnya operator akan dapat melacak tingkat pemadatan tanah yang kurang ataupun berlebih secara real time melalui tampilan digital pada kabin. Selain itu, Bomag Terrameter juga dilengkapi printer untuk mencetak hasil pemadatan setiap lintasan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer