Jumat, Mei 14, 2021

5 Kegiatan Perusahaan Tambang yang Berikan Segudang Manfaat

Kehadiran perusahaan tambang yang mengolah semua hasil komoditas berharga di Indonesia tentunya memberikan banyak manfaat yang sangat terasa untuk sejumlah sektor, termasuk untuk pemenuhan kehidupan masyarakat.

Meski persepsi negatif soal tambang masih kerap kali diucapkan oleh sebagian orang, nyatanya kegiatan tambang memegang andil untuk pembangunan negara dan kesejahteraan sosial.  Sebetulnya pandangan negatif tersebut sudah sering dipatahkan dengan praktik tambang yang sesuai dengan prosedur pemerintah dan undang-undang. Hanya  saja, tidak bisa mengelak, tambang ilegal masih sering ditemukan.

Inilah 5 kegiatan perusahaan tambang yang berikan segudang manfaat.

1. Membangun Infrastruktur Daerah Setempat

Setiap perusahaan pertambangan di Indonesia sudah semestinya ikut berkontribusi dalam pembangunan suatu daerah. Daerah yang dimaksud adalah tempat perusahaan tersebut melakukan kegiatan tambang. Salah satu kontribusi nyata yang dapat diberikan adalah membangun infrastruktur seperti jalan dan jembatan.

Selain itu, perusahan tambang juga seharusnya memerhatikan dan membangun beberapa fasilitas publik yang sekiranya dibutuhkan masyarakat dan memang belum tersedia. Misalnya saja seperti mushola, gereja, klinik kesehatan, sekolah, dan lain-lain.

Baca Juga : 4 Faktor Penentu Ketahanan Tambang di Masa Digitalisasi

2. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Kegiatan pertambangan bisa juga mengupayakan perbaikan perekonomian masyarakat di sekitarnya. Salah satunya dengan menarik lebih banyak tenaga kerja dari masyarakat setempat. Sehingga perusahaan tambang juga memiliki manfaat untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Hal ini akan membantu dalam meminimalkan jumlah pengangguran di daerah tersebut.

Related Articles

Indonesia
94,857
Total active cases
Updated on May 14, 2021 7:32 am

Latest Articles