Kamis, April 18, 2024
EmasSederet Fakta Menarik Emas di Indonesia, Yuk Simak!

Sederet Fakta Menarik Emas di Indonesia, Yuk Simak!

Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, termasuk emas. Melihat harga emas yang kian melonjak hingga Rp1,070,000 per-gram, maka menarik untuk mengetahui tentang fakta-fakta emas yang ada di Indonesia. 

Berikut ini beberapa fakta tentang potensi besar emas Indonesia yang perlu diketahui:

  1. Potensi Emas di Indonesia

Saat ini Indonesia merupakan penyumbang sekitar empat persen dari produksi emas global, dengan total produksi mencapai 160 MT (tahun 2020). Namun potensi yang besar tersebut belum diikuti dengan pengelolaan yang maksimal, sehingga manfaatnya belum dapat dirasakan secara utuh. 

  1. Memiliki 5 Tambang Terbesar

Fakta saat ini Indonesia memiliki 5 tambang emas terbesar yang menyumbang produksi emas nasional dan dunia. Tambang emas terbesar tersebut antara lain adalah Grasberg di Papua Gunung Dompu di Nusa Tenggara Barat, Gunung Pongkor di Jawa Barat, Tambang Martabe di Sumatera Utara dan di Sumbawa. Grasberg di memiliki cadangan emas terbesar sekitar 50 juta ons lebih.

Baca Artikel  Tanpa Disadari, Perhiasan Ternyata Masuk Dalam Barang Tambang Golongan B
  1. Penghasil Emas Terbesar ke-6 di Dunia

Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-6 sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia, dengan hasil 160 MT emas dan setengahnya itu berasal dari Grasberg Freeport-McMoRan.

  1. Emas Papua Dapat Mensejahterakan Masyarakat Setempat

Kekayaan emas Papua selama puluhan tahun dikuasai oleh PT Freeport. Akhirnya tambang emas terbesar di Indonesia tersebut beralih ke PT Inalum dengan kepemilikan saham sebesar 51.23 persen. Kepemilikan mayoritas saham PTFI tersebut akan digunakan untuk menyejahterakan masyarakat Papua.

Kawan tambang, emas memang masih menjadi komoditas investasi dengan nilai yang tinggi. Sebagai negara yang memiliki potensi emas yang besar, Indonesia harus mampu mengelola dan mengolahnya supaya memberikan manfaat besar untuk negara dan masyarakat.

Baca Artikel  5 Langkah Mudah Terapkan Keanekaragaman Hayati di Daerah Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer