Selasa, April 16, 2024
Ilmu TambangSederet Manfaat Barang Tambang untuk Kehidupan Manusia

Sederet Manfaat Barang Tambang untuk Kehidupan Manusia

Manfaat barang tambang untuk kehidupan manusia – Indonesia kaya sumber daya alam, salah satunya berupa tambang, mulai dari batu bara, gas alam, minyak bumi, timah, emas dan sebagainya.

Indonesia merupakan negara penghasil barang tambang dan sumber daya alam yang melimpah. Hasil tambang dan manfaatnya memberikan keuntungan yang semestinya dimanfaatkan secara bijak oleh masyarakat dan pemerintah. 

Karena tidak sedikit orang mengeruk hasil tambang secara gila-gilaan hingga menyebabkan kerusakan alam. Oleh sebab itu perlu adanya sikap bijak bagi pihak yang mengambil keuntungan dari barang tambang tersebut.  

Di bawah ini tercantum rangkuman berbagai tambang dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui. 

  1. Batubara
Baca Artikel  PT Kideco Jaya Agung Garap Gasifikasi Bawah Tanah

Batu bara adalah salah satu bahan tambang yang banyak dimanfaatkan. Pemanfaatan batu bara yang terbesar adalah bahan bakar untuk pembangkit listrik yang nantinya disalurkan ke rumah-rumah penduduk.

  1. Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang kini sudah semakin sulit ditemukan dan bahan tambang yang tidak dapat diperbaharui.

Pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu perlu penggunaan secara bijak agar Indonesia tidak kehabisan sumber daya alam yang satu ini.

Minyak bumi dan gas alam dimanfaatkan untuk transportasi, perindustrian dan juga rumah tangga.

Manfaat untuk transportasi yaitu sebagai bahan bakar kendaraan, sementara untuk rumah tangga biasanya digunakan untuk gas elpiji.

Baca Artikel  Wajib Tahu! Ini 6 Kewajiban Pokok Pekerja Tambang

Baca Juga: Bunda Kenalin DME, Pengganti LPG yang Ramah Lingkungan

Batu bara juga sering dimanfaatkan untuk peleburan bijih logam dan juga digunakan di perindustrian.

Namun pemanfaatan batu bara perlu dilakukan secara lebih bijak. Sebab waktu pembentukan batu bara sama lamanya dengan pembentukan minyak bumi.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer