Sabtu, September 18, 2021

Sustainability Report sebagai Laporan Usaha Tambang

Dalam melakukan usaha tambang, perusahaan wajib membuat laporan yang dikenal dengan nama sustainability report.

Laporan ini merupakan bentuk tanggung jawab dan kewajiban perusahaan tambang kepada masyarakat luas.

Sustainability Report untuk usaha tambang memuat informasi aktual seputar kondisi perekonomian perusahaan tambang dan memuat informasi terkini tentang pengaruh usaha tambang terhadap lingkungan alam dan sosial.

Dengan membuat sustainability report, secara tidak langsung dapat membantu usaha tambang untuk menarik lebih banyak investor asing.

Apalagi jika laporan tersebut membuat investor terkesan serta mengapresiasi pencapaian yang telah usaha tambang dapatkan.

Semakin banyak investor yang melakukan investasi, usaha tambang akan semakin untung.

Sustainability report juga membantu untuk mengetahui dan mengukur performa usaha tambang, sehingga memudahkan dalam setia pengambilan keputusan.

Hal ini karena di dalam membuat sustainability report usaha tambang telah melakukan banyak pengolahan data. 

Laporan wajib ini dibuat dengan sifat transparan. Segala jenis informasi internal meliputi masalah perusahaan, resiko, dan dampak dari berbagai sektor tertuang dalam sustainability report.

Meskipun data yang dilaporkan tidak selalu positif, tapi masyarakat luas justru dapat menilai sustainability report sebagai sebuah komitmen yang aktual dan transparan.

Baca Juga: Kegiatan Tambang Dihentikan Sementara Akibat Pandemi

Perusahaan tambang yang mampu memenuhi tanggung jawabnya dengan menyerahkan sustainability report aka mendapatkan penghargaan di ajang Sustainability Report Awards (SRA).

Dari penjelasan diatas, pada kenyataannya masih banyak usaha tambang yang mangkir dan tidak membuat laporan dalam bentuk sustainability report.

Padahal peranan dan manfaat sustainability report untuk usaha tambang sangat banyak, terutama untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Related Articles

Indonesia
68,942
Total active cases
Updated on September 18, 2021 5:25 am

Latest Articles