Jumat, Maret 1, 2024
Berita TambangSah! Tesla Beli Nikelnya Indonesia ⁠Seharga Rp74,5 Triliun ⁠

Sah! Tesla Beli Nikelnya Indonesia ⁠Seharga Rp74,5 Triliun ⁠

Tesla Beli Nikel Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc sudah meneken kontrak pembelian produk nikel dari 2 perusahaan Indonesia senilai US$5 miliar atau Rp74,5 triliun. 

Tesla sudah meneken kontrak selama lima tahun ke depan dengan beberapa perusahaan pengolahan nikel di Morowali, Sulawesi Tengah. Produk-produk nikel itu akan digunakan dalam pembuatan baterai lithium Tesla.

Indonesia sejak lama berupaya mengajak Tesla untuk membangun fasilitas produksinya di negara ini. Indonesia juga tengah gencar mengembangkan industri kendaraan listrik dan baterai di dalam negeri. 

Terkait dengan upaya tersebut, Pemerintah Indonesia telah menghentikan ekspor bijih nikel untuk memastikan pasokan bagi investor. Langkah itu berhasil menarik investasi dari raksasa baja China dan perusahaan Korea Selatan seperti LG dan Hyundai.

Sebagai informasi, proses komunikasi pembelian nikel Indonesia oleh Tesla diawali pada April 2022 lalu.

Menteri Luhut Luhut bertemu langsung dengan CEO Tesla Elon Musk di Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, Luhut menyebut Musk tertarik dengan potensi besar industri nikel di Indonesia. Musk menilai kemampuan Indonesia untuk memasok bahan baku baterai mobil listrik menjanjikan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer