Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang3 Langkah Mudah Industri Pertambangan Menjaga Lingkungan

3 Langkah Mudah Industri Pertambangan Menjaga Lingkungan

Industri pertambangan memiliki tanggungjawab dan tantangan tersendiri, yaitu menjaga keanekaragaman hayati dan juga lingkungan. Bumi merupakan tempat penuh kehidupan di mana beragaman keanekaragaman hayati tinggal. 

Prioritas dalam menjaga keanekaragaman hayati tersebut perlu melibatkan masyarakat setempat dan berbagai pemangku kepentingan sebagai elemen paling pentingnya. 

Keanekaragaman hayati penting untuk menjaga siklus hidup setiap makhluk, sehingga ekosistem dapat terus berlanjut. Industri pertambangan dapat melakukan 3 cara ini:

1. Pelestarian Alam dengan Teknologi Berkelanjutan

Memahami bahwa tambang modern harus dikelola secara efektif dengan mengandalkan kecanggihan teknologi dalam setiap proses dari awal hingga akhir. Oleh sebab itu, kegiatan penambangan tidak boleh melupakan keberlanjutan lingkungan hayatinya. 

Pemanfaatan teknologi berkelanjutan untuk mencegah kerusakan lingkungan merupakan bentuk pemenuhan tuntutan UU. Hal ini memberikan legalitas khusus, sehingga memberikan citra baik merek tambang.

2. Memahami Teknologi Pertambangan dalam Konservasi Biological Diversity

Memahami peran teknologi canggih untuk keberhasilan eksplorasi pertambangan secara efisien. Dengan memanfaatkan robot, AI dan sebagainya, maka kegiatan penambangan dapat dilakukan jauh lebih mudah, efisien dan tanpa merusak lingkungan. Artinya, teknologi membantu dalam menjaga keanekaragaman hayati di kawasan sekitar tambang.

3. Melindungi Sumber Daya di Dekat Lokasi Tambang

Melakukan pengendalian kerusakan lingkungan dengan menggandeng lembaga yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati.
Juga seluruh pemangku kepentingan yang bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitar tambang.

Baca Artikel  Melirik Truk Tambang dengan Konsep Zero Carbon

Diharapkan upaya untuk melindungi keanekaragaman hayati dilakukan supaya kegiatan pertambangan tidak selalu buruk jika dikaitkan dengan kerusakan keanekaragaman hayati dan ekosistem di kawasan tambang akan menerima dampak minim dan bisa pulih.

Itulah usaha industri tambang untuk menjaga kelestarian ekosistem dan keanekaragaman hayati di wilayah tambangnya.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer