Minggu, April 21, 2024
Berita Tambang3 Peran Penting Public Relation Bagi Perusahaan Pertambangan

3 Peran Penting Public Relation Bagi Perusahaan Pertambangan

Perusahaan pertambangan di Indonesia merupakan salah satu kontributor kemajuan ekonomi bagi negara. Hal tersebut tidak lepas dari peran perusahaan tambang, yakni sebagai salah satu penyedia lapangan pekerjaan dan sumber pendapatan daerah.

Namun sayangnya, peran penting perusahaan pertambangan ini belum tentu diketahui secara pasti oleh khalayak umum. Di sini lah peran public relation perusahaan pertambangan berperan diuji eksistensinya untuk menyampaikan semua kegiatan perusahaan kepada publik. 

Peran Public Relation yang Penting bagi Perusahaan Pertambangan

Mengutip Virginiamercury.com, ada banyak perusahaan pertambangan yang tutup di Amerika Serikat, salah satu penyebabnya yaitu peran dari public relation yang kurang berjalan maksimal.

Pertanyaannya, mengapa peran dari public relation dapat mempengaruhi usia perusahaan pertambangan? 

Hal ini terjadi karena public relation merupakan perwakilan terdepan pihak perusahaan, sehingga baik buruknya citra perusahaan direpresentasikan oleh seorang public relation (PR).

Agar lebih jelas, simak beberapa ulasan peran dari public relation yang penting bagi perusahaan pertambangan di bawah ini.

1. Sebagai Penyalur Informasi Kepada Masyarakat

Perusahaan pertambangan seringkali menjadi sorotan media massa. Hal-hal terkait operasional dan keadaan terkini mengenai perusahaan pertambangan seringkali menjadi pertanyaan masyarakat.

Di sini lah peran dari public relation sangat memegang kendali dalam pembentukan persepsi masyarakat terhadap citra sebuah perusahaan tambang.

Setiap informasi dan kalimat yang disampaikan oleh public relation akan memberi kesan tersendiri bagi pemerhati dunia pertambangan.

Dari public relation, masyarakat dapat menangkap bahkan memahami kondisi perusahaan pertambangan. Apabila komunikasi yang baik dimunculkan oleh public relation, maka perusahaan pertambangan tersebut akan memiliki citra yang baik pula di publik. 

Baca Artikel  Top Banget, Ternyata Indonesia Punya Potensi Batubara Segini!

2. Sebagai Edukator Masyarakat

Sudah menjadi pembahasan umum bahwa perusahaan pertambangan dinilai kontra dalam hal ramah lingkungan. Mulai dari polusi udara, kondisi air dan tanah sekitar, hingga pengaruhnya terhadap cuaca. Hal ini disebabkan oleh kurangnya edukasi kepada masyarakat akan manfaat perusahaan pertambangan.

Mengenai permasalahan tersebut, public relation berperan mengedukasi masyarakat tentang manfaat perusahaan pertambangan. Peran ini dapat direalisasikan dengan mengadakan sosialisasi CSR (Corporate Social Responsibility) kepada masyarakat sekitar pertambangan, mulai dari pra hingga pasca penambangan.

3. Sebagai Jembatan Komunikasi Perusahaan Dengan Pemerintah

Selain kepada media massa dan masyarakat setempat, peran public relation adalah sebagai jembatan komunikasi atau pengubung antara perusahaan dengan pemerintah. 

Pemerintah bisa saja menutup dan memberhentikan proyek penambangan sebuah perusahaan jika tidak sesuai dengan aturan atau kebutuhan pemerintah. 

Oleh karenanya, public relation perlu memahami sudut pandang pemerintah terhadap perusahaan pertambangan, dan menyampaikan visi dan misi perusahaan dengan baik sehingga terciptalah sinergitas antara kebutuhan pemerintah serta kebutuhan perusahaan.

Itu dia informasi mengenai peran dari seorang public relation perusahaan tambang yang masih jarang diketahui fungsinya oleh masyarakat luas. 

Dalam dunia perusahaan, intinya peran public relation tentu perlu bijaksana dalam menggunakan bahasa dan data yang sesuai untuk pihak-pihak terkait sehingga tidak terjadi miskomunikasi atau mispersepsi dan citra perusahaan pertambangan pun terjaga baik.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer