Minggu, April 14, 2024
Berita TambangIni 4 Jagoan Alat Berat Andal dalam Memperbaiki Jalan Rusak di Tambang

Ini 4 Jagoan Alat Berat Andal dalam Memperbaiki Jalan Rusak di Tambang

ilmutambang.com – Perawatan jalan tambang bertujuan untuk memelihara keadaan jalan di wilayah pertambangan agar tetap aman, berfungsi dengan baik sehingga mendukung kegiatan pertambangan secara efisien.

Kecelakaan di lokasi tambang sering disebabkan oleh akses jalan yang rusak. Oleh sebab itu jalan di wilayah tambang harus selalu dirawat dan diperbaiki apabila terjadi kerusakan.

Jika keadaan jalan di area tambang baik, maka lalu lintas kendaraan pertambangan pun akan berjalan lancar dan ini akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertambangan.

Berikut ini beberapa alat berat yang umum digunakan untuk melakukan perawatan dan perbaikan jalan tambang:

  1. Motor grader

Motor grader adalah alat berat yang penting untuk membangun, memelihara dan memperbaiki jalan di wilayah pertambangan. Motor grader digunakan untuk meratakan permukaan jalan, membentuk bahu jalan dan memadatkan lapisan tanah atau kerikil.

  1. Bulldozer

Bulldozer, alat berat ini digunakan untuk meratakan permukaan jalan tambang yang rusak atau permukaannya tidak rata. Alat berat ini dilengkapi dengan pisau yang lebar untuk memangkas permukaan jalan yang bergelombang agar menjadi rata dan mengisi permukaan yang lebih rendah atau cekung agar permukaan jalan bisa rata dan halus.

Baca Artikel  Melihat Dampak Positif Batubara Bagi Perekonomian Kaltim Kuartal 1/2023
  1. Compactor

Compactor adalah alat berat untuk memadatkan lapisan tanah, bebatuan, kerikil dan bahan konstruksi lain yang terkubur di bawah permukaan tanah dan untuk memperbaiki jalan yang rusak ataupun bergelombang dan tidak rata.

  1. Excavator

Excavator adalah alat berat untuk mengeruk, memindahkan material tambang dan memperbaiki permukaan jalan tambang yang rusak atau tidak rata. Keranjang atau bucket yang dimiliki alat ini berfungsi untuk menggali bagian jalan yang rusak dan mengangkat material serta mengisi kembali dengan material baru.

Kawan ilmu tambang, jalan di wilayah pertambangan merupakan urat nadi kegiatan pertambangan. Apabila jalan penting ini selalu dijaga dan dirawat, maka industri pertambangan akan mendapatkan keuntungan melalui efisiensi transportasinya. 

Baca Artikel  Breaking News! Harga Batubara Akhirnya Melesat 16 Persen

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer