Senin, April 15, 2024
Berita Tambang4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Pertama!

4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Pertama!

Tidak dapat dipungkiri, nikel menjadi salah satu hasil tambang yang nilai ekonominya tinggi. Salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia yaitu Indonesia.  

Nikel adalah salah satu hasil tambang yang sering digunakan sebagai bahan baku instalasi listrik. Maka dari itu keberadaan nikel menjadi sangat penting bagi peradaban manusia. 

Daftar negara penghasil komoditas nikel terus mengalami peningkatan sehingga mendorong banyak perusahaan dan negara yang menghasilkan produk tambang.

[ez-toc]

4 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia

Terlebih lagi, akhir-akhir ini tren kendaraan listrik tengah naik daun. Hal tersebut membuat kebutuhan nikel dunia semakin tinggi. Penasaran negara mana saja yang menjadi produsen nikel terbesar di dunia?

Indonesia Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya Indonesia menduduki posisi pertama sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia.

Total produksi nikel di Indonesia bisa mencapai 800 ribu MT yang selama ini dijadikan tolak ukur negara lain terkait dengan keseriusan untuk terjun pada tren nikel. Tak hanya itu, Indonesia bahkan diketahui masih memiliki cadangan nikel yang jumlahnya sangat banyak yaitu 21 juta MT.

Filipina

Pada posisi kedua negara penghasil nikel terbesar di dunia ada Filipina dengan produksi nikel mencapai 420.000 MT nikel.

Pada tahun 2017-2018, produksi nikel dari Filipina sempat mengalami penurunan dari 366.000 MT menjadi 340.000 MT. Akan tetapi, produksinya  mengalami peningkatan kembali pada tahun 2019 menjadi 420.000 MT. 

Baca Artikel  Hilirisasi Industri Kunci Utama Kemajuan Ekonomi Indonesia

New Caledonia

Negara penghasil nikel selanjutnya yaitu New Caledonia. Produksi nikel di negara ini berkisar antara 216.000 MT menjadi 220.000 MT.  

Jika Indonesia dan Filipina mengekspor nikel ke China, negara ini pada awalnya berbeda. Mereka tidak mau mengekspor nikel ke negara Cina dengan alasan ingin menyimpan dan memperbaiki industri lokalnya sendiri. 

Tetapi Desember 2016, negara ini akhirnya setuju untuk ekspor nikel ke negara China. Sejak itulah negara ini mengirimkan nikel dengan jumlah lebih dari 2 juta ton. Ekonomi negara New Caledonia ini juga sempat terancam karena sangat tergantung dari harga nikel.  

Australia

Ternyata negara Australia juga menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia yang mampu memproduksi 180.000 MT nikel. 

Harga pertambangan yang kini sudah semakin membaik membuat banyak pertambahan di Australia yang mencoba untuk memulai kembali untuk membuka pertambangan mereka.

Itu dia deretan negara penghasil nikel terbesar yang ada di Dunia. Menariknya, Indonesia menempati pertama di dunia lho. Melihat besarnya produksi nikel Tanah Air dibanding dengan negara-negara lain, semoga bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri agar bisa dirasakan masyarakat Indonesia. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer