Minggu, Mei 26, 2024
Berita Tambang4 Provinsi Penghasil Intan Terbesar di Indonesia

4 Provinsi Penghasil Intan Terbesar di Indonesia

ilmutambang.com – Intan adalah barang tambang yang sangat indah sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Selain sebagai perhiasan, intan juga dapat digunakan menjadi mata bor.

Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai penghasil intan. Intan didapat dengan cara menggali tanah kemudian tanah dilimbang dengan air hingga biji intan ditemukan.

Tambang intan di Indonesia sebagian besar berada di wilayah Kalimantan. Sementara di wilayah Kalimantan tempat penggosokan intan yang sangat terkenal adalah di Martapura.

Berikut beberapa daerah penghasil intan terbesar di Indonesia.

1. Kalimantan Selatan

Martapura, Kalimantan selatan adalah penghasil intan yang sangat dikenal masyarakat luas. Kota ini dijuluki sebagai ‘Kota Intan’.

Selain itu Banjarbaru, di Desa Cempaka terdapat pertambangan intan yang terletak di Sungai Tiung, Ujung Murung dan Pumpung sungai-sungai ini dari pegunungan Meratus.

2. Kalimantan Tengah

Barito, Kalimantan Tengah sangat legendaris, menghasilkan intan yang berlimpah. Batuan intan di wilayah ini berasal dari metamorf yang terbentuk dari proses magma yang membeku sehingga nilai ekonominya tinggi.

3. Kalimantan Barat

Sungai Landak, Kalimantan Barat adalah salah satu lokasi tambang intan dengan kandungan mineral paling tinggi.

4. Kalimantan Utara

Wilayah Kalimantan Utara memiliki kandungan intan dengan kualitas yang sangat tinggi. Meski tergolong baru, namun kualitasnya tidak kalah bagus dengan wilayah yang lain.
Kawan tambang, Indonesia tidak hanya memiliki tambang energi yang melimpah, namun tambang intan di Kalimantan juga sangat melimpah dan telah mendatangkan keuntungan bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Baca Artikel  Juara! Sektor Mineral Batubara Setor Rp224 Triliun ke APBN

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer