Selasa, April 16, 2024
Berita Tambang5 Daerah Ini Miliki Cadangan Emas Melimpah, Ada Daerahmu?

5 Daerah Ini Miliki Cadangan Emas Melimpah, Ada Daerahmu?

5 Cadangan Emas Melimpah – Indonesia memiliki sumber daya energi potensial, salah satunya sumber daya emas yang cukup melimpah.  Emas termasuk logam mulia yang dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan seperti perhiasan, membuat huruf emas, fotografi, dan alat laboratorium.

Di Indonesia terdapat beberapa daerah yang memiliki tambang emas dan dijadikan pusat penambangan terbesar di indonesia. Penasaran daerah mana saja yang memiliki cadangan emas melimpah di Indonesia? Simak infonya di bawah ya: 

  1. Papua

Daerah penghasil tambang emas terbesar yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Sampai saat ini, papua masih menjadi penghasil tambang emas terbesar di indonesia dengan penghasilan 240 kilogram emas murni setiap hari nya. Per Mei 2022, Papua memiliki sumber daya bijih emas sebesar 3,20 miliar ton. 

  1. Sumbawa

Kegiatan penambangan mineral emas di wilayah ini  dimulai dari tahun 2000 dan merupakan kegiatan pertambangan emas terlama di indonesia. Terkait potensi cadangan emas, diperkirakan untuk sumber daya emas primer pada tahun 2021 dari hasil neraca bisa mencapai 2 miliar ton emas.

  1. Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) 

Satu lagi tambang emas yang berasal dari Nusa tenggara Barat. Daerah ini termasuk ke dalam daerah dengan sumber emas dan mineral tertinggi di indonesia.

Mengutip dari situs PT Sumbawa Timur Mining (STM), diperkirakan potensi tambang emas dan tembaga di daerah ini sebesar 1,1 miliar ton (Mt). 

  1. Martabe

Tambang emas ini merupakan spot emas murni terbesar dari daerah Sumatera utara. Data Kementerian ESDM menyebutkan, per akhir tahun 2020 jumlah cadangan emas di Martabe sebesar 135 ton. 

  1. Gunung Pongkor

Daerah penghasil emas murni Gunung Pongkor terdapat di bagian Pulau Jawa, yang terletak di Jawa Barat. Tambang emas ini mulai beroperasi sejak 1994.

Kapasitas produksi tambang emas Pongkor pada awal-awal mencapai 1 ton emas per tahun. Kemudian pada tahun 2000-an naik hingga 3-5 ton atau 3.000-5.000 kg emas.

Baca Artikel  Indonesia Dapat ‘Durian Runtuh’, Potensi 2 Miliar Ton Emas

Itu dia informasi mengenai lima daerah di Indonesia yang memiliki cadangan emas melimpah. Agar hasil tambang bisa dimanfaatkan dengan maksimal, pemerintah saat ini terus menggodok regulasi penambangan mineral di Indonesia untuk menghindari penambangan liar, maupun pengolahan emas murni sebagai devisa negara agar bisa dimaksimalkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer