Selasa, April 16, 2024
MinerbaBatubara5 Destinasi Wisata Menarik di Kota Tambang Batubara Sawahlunto

5 Destinasi Wisata Menarik di Kota Tambang Batubara Sawahlunto

ilmutambang.com – Sawahlunto adalah kota di Provinsi Sumatera Barat yang menyimpan kekayaan sejarah dan alam yang menarik. Sawahlunto merupakan kota tambang batubara bersejarah, kini berkembang menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berbeda.

Berikut beberapa tujuan wisata yang ada di Sawahlunto.

  1. Tambang Batubara Sawahlunto

Sejak batubara ditemukan di Sawahlunto pada 1867, tempat ini kemudian menjadi pusat perhatian Pemerintah Kolonial Belanda. Namun, setelah lama dimanfaatkan, maka produksi batubaranya menurun. Sawahlunto kemudian dialihfungsikan menjadi tujuan wisata. 

Wisata Sawahlunto menampilkan berbagai macam peninggalan dari pertambangan batubara. Banyak bangunan bersejarah yang dulu digunakan sebagai pusat administrasi dan penunjang operasional pertambangan. Tempat wisata ini luasnya 779.6 hektare. 

  1. Puncak Batu Runcing
Baca Artikel  Ini Dia Segudang Keunikan Logam, Mulai dari Sifat dan Manfaatnya..

Puncak bukit batu dengan pemandangan alam yang hijau ini menyajikan pemandangan yang menyejukan bagi para pengunjung karena masih banyak ditumbuhi pohon hijau.

  1. Kereta Api Sawahlunto

Pada 2014 wisata kereta api ini sempat berhenti beroperasi. Namun pada 2022 kembali dioperasikan dengan lokomotif uap E1060-nya. Pengunjung akan dihantar untuk menikmati perjalanan seru. Sepanjang rute kereta banyak pemandangan alam yang indah dan perbukitan hijau dan sungai.

  1. Danau Biru

Danau ini memiliki air berwarna biru, yang terbentuk akibat galian tambang yang ditinggalkan oleh sang pengelola. Pengunjung akan terpesona dengan suasana. Terhampar pepohonan hijau dengan air danau berwarna biru jernih.

  1. Air Terjun Bikan

Air terjun ini berada di tengah hutan yang tenang tanpa suara yang mengganggu. Tempat ini cocok bagi yang ingin melepaskan penat dan menikmati pesona alam. Pengunjung juga dapat berenang di air jernih dan segar serta bersantai di lekukan batu yang menyerupai goa. 

Baca Artikel  Melalui 5 Langkah Berikut, Tanah di Area Bekas Tambang Bisa Kembali Subur..

Kawan tambang, Sawahlunto tidak hanya menawarkan wisata sejarah dan edukasi tambang, namun lima tujuan wisata alam lainnya yang menambah lengkap destinasi wisata kota tua ini. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer