Senin, Mei 27, 2024
Berita Tambang5 Jurusan SMK Ini Bisa Bekerja di Pertambangan

5 Jurusan SMK Ini Bisa Bekerja di Pertambangan

ilmutambang.com – Bekerja di industri pertambangan merupakan banyak diimpikan banyak orang. Meskipun pekerjaan ini mengandung risiko yang sangat tinggi, namun hal ini sebanding dengan gaji  tinggi dan bermacam fasilitas yang baik yang diberikan. Tak heran, banyak fresh graduate berminat untuk bekerja di industri ini. 

5 Jurusan SMK Bisa Bekerja di Pertambangan

Adapun untuk bekerja di pertambangan, ada beberapa kriteria jurusan pendidikan tertentu yang bisa mengisi beberapa posisi pekerjaan yang ada di sana. Berikut ini adalah lima jurusan SMK yang bisa bekerja di pertambangan yang bisa kamu pilih.

1. Energi dan Pertambangan

Jurusan teknik energi dan pertambangan mempelajari penggunaan energi dan pemanfaatannya, serta menghitung potensi dari sumber daya alam tersebut. Jurusan ini mempelajari antara lain tentang perminyakan, geologi dan energi terbarukan.

2. Teknik Komputer dan Jaringan

Jurusan ini mempelajari bidang informasi dan teknologi terutama tentang instalasi jaringan komputer dan lain-lain. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di dunia tambang pada bagian IT.

3. Teknik Logistik

Jurusan ini mempelajari cara membuat perencanaan hingga manajemen aliran barang, baik dari pemasok, perusahaan dan konsumen. Lulusan jurusan ini bisa bekerja pada bagian operasional, administrasi dan lain-lain.

4. Teknik Mesin

Jurusan ini mempelajari cara merawat dan memelihara mesin, baik mesin alat berat dan lain sebagainya. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di bagian perawatan mesin-mesin.

5. Administrasi Perkantoran

Jurusan ini mempelajari tentang administrasi sebuah perusahaan. Lulusannya dapat bekerja di berbagai perusahaan juga di perusahaan tambang.

Apabila Kawan Tambang saat ini lulusan SMA/SMK sederajat, jangan berkecil hati dulu ya. Ternyata kelima jurusan di atas bisa membuka peluang kamu untuk bekerja di industri pertambangan lho.

Jadi, sudah siap berkarir di pertambangan? 

Baca Artikel  Ini Penjelasan Kenapa Sistem Autolube Penting untuk Alat Berat di Pertambangan!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer