Minggu, Juni 16, 2024
MinerbaBatubara5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia

5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia

5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia

Jurusan pertambangan seringkali dianggap sebagai jurusan idaman, karena dianggap punya masa depan yang cerah. 

Bahkan belakangan ini, media sosial lumayan diramaikan oleh beberapa lulusan pertambangan yang telah bekerja di berbagai perusahaan tambang di Indonesia dan dengan sukses mendapat gaji yang besar. 

Hal inilah yang memicu beberapa pelajar di tingkat atas tertarik untuk mengambil jurusan ini. Berikut adalah beberapa universitas jurusan pertambangan terbaik di dunia yang bisa jadi referensi apabila tertarik mengambil di bidang ini: 

  1. Colorado School of Mines, Amerika Serikat

Beda dengan Rusia, Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan minyak bumi dan sumber energi lain, Amerika Serikat juga terkenal akan pertambangan mineralnya. 

QS World University Ranking menempatkan universitas ini sebagai kampus terbaik untuk jurusan pertambangan. Selain menempati urutan pertama, kampus ini berkontribusi besar dalam perkembangan pertambangan emas dan perak di AS.

  1. Curtin University, Australia

Curtin University juga dikenal sebagai Curtin University of Technology dan Western Australian Institute of Technology (WAIT). Universitas ini merupakan instansi riset publik Australia yang berbasis di Bentley, Perth, Australia Barat. 

QS World University Ranking menempatkan universitas ini di urutan kedua untuk jurusan pertambangan. Universitas ini juga merupakan salah satu universitas dengan tingkat penerimaan yang cukup tinggi yaitu di angka 50 persen.

Baca Artikel  Awas Jadi Incaran Perusahaan Tambang Kalau Ambil Jurusan Ini!
  1. McGill University, Kanada

McGill University (Prancis: Université McGill) adalah universitas riset publik berbahasa Inggris yang berlokasi di Montreal, Quebec, Kanada. 

McGill menawarkan gelar dan diploma di lebih dari 300 bidang studi, dengan nilai masuk rata-rata tertinggi dari universitas Kanada mana pun.

Di jurusan pertambangan, universitas ini mempunyai kualitas yang sangat bagus. QS World University Ranking menempatkan universitas ini di urutan ketiga untuk jurusan pertambangan dengan tingkat penerimaan sebesar 46.3%.

  1. Gubkin Russian State University of Oil and Gas, Rusia

Gubkin University adalah universitas terkemuka yang terletak di Moskow, Rusia. Kampus ini dijuluki sebagai kampus terbaik untuk kamu yang ingin menekuni bidang  pertambangan.dan perminyakan. 

Seperti yang sudah kita ketahui, Rusia merupakan negara dengan potensi sumber daya minyak dan gas terbesar di dunia, tak heran kalau negara ini pasti membutuhkan tenaga ahli di bidang tersebut.

  1. Universidad de Chile, Chile

Kampus ini terletak di Santiago, Chile. Kampus ini menyediakan jurusan pertambangan di Fakultas Matematika dan Fisika. Sehingga selaras dengan jurusan matematika, fisika, kimia, geologi, astronomi, dan teknik industri.

Itu dia deretan kampus di dunia yang memiliki jurusan pertambangan terbaik versi QS World University Rankings. Jadi gimana Kawan Tambang, punya mimpi untuk masuk ke universitas jurusan pertambangan di kampus mana nih? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer