Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraAwas Jadi Incaran Perusahaan Tambang Kalau Ambil Jurusan Ini!

Awas Jadi Incaran Perusahaan Tambang Kalau Ambil Jurusan Ini!

ilmutambang.com – Jurusan Incaran Perusahaan Tambang – Industri pertambangan di Indonesia memiliki prospek cerah, hal ini disebabkan karena didukung oleh Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah.

Di sisi lain, agar pemanfaatan SDA tadi dapat dioptimalkan secara penuh maka membutuhkan banyak sekali tenaga ahli demi mendukung operasional tambang. Bukan rahasia umum, banyak perusahaan tambang yang menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup fantastis.

Baca Artikel  5 Kampus Terbaik untuk Jurusan Pertambangan di Dunia


Namun persyaratan untuk bisa menjadi pegawai di perusahaan tambang tidaklah mudah, dibutuhkan jenjang pendidikan dan keahlian spesifik dari jurusan tertentu untuk bisa memenuhi kualifikasi agar bisa bekerja di perusahaan pertambangan.

Jurusan yang Jadi Incaran Perusahaan Tambang

Nah penasaran sekiranya jurusan apa saja yang biasanya diincar oleh perusahaan tambang? Simak informasinya di bawah ya! 

Teknik Pertambangan

Ini merupakan  jurusan yang paling tepat bagi mereka yang memiliki keinginan untuk bisa bekerja di perusahaan tambang. Kenapa? Karena jurusan ini mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan tambang, mulai dari ilmu penambangan sampai batuan berharga yang ada di dalam bumi. 

Sampai saat ini, Universitas yang paling direkomendasikan untuk menempuh pendidikan di jurusan ini adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin.

Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan yang mempelajari mengenai tata cara merancang, membangun dan merenovasi sebuah infrastruktur. Dari semua skill itu, jurusan ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari  oleh perusahaan tambang. Infrastruktur yang baik, bisa membantu memperlancar operasional pertambangan.

Prodi ini bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi, seperti di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan juga Universitas Bina Nusantara.

Teknik Geologi

Jurusan ini lebih banyak mempelajari soal komposisi, struktur, sifat fisik, sejarah sampai dengan  proses terbentuknya bumi.

Ilmu ini tidak hanya fokus pada sumber daya semata, tetapi juga mempelajari soal konstruksi bangunan dan bencana. Sehingga tidak diragukan lagi, lulusan jurusan ini tidak hanya diincar oleh perusahaan tambang, tetapi juga sektor industri lainnya.

Beberapa kampus di Indonesia yang ada jurusan ini antara lain Universitas Padjadjaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia sampai Universitas Haluoleo.

Teknik Geofisika

Teknik Geofisika cenderung mempelajari mengenai ilmu kebumian dengn menerapkan kaidah fisika, yang bertujuan untuk menelaah serta memecahkan masalah mengenai pendayagunaan sumber daya alam, energi dan lingkungan. 

Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ini adalah seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. 

Baca Artikel  Rumah Ibadah Terdalam di Dunia Ada di Indonesia

Itu dia beberapa jurusan yang menjadi incaran perusahaan tambang ketika lulus nanti. Melihat kemampuan yang dimiliki dalam mengelola dan mengolah SDA yang ada di dalam perut bumi, tidak heran jika keempat jurusan di atas jadi rebutan perusahaan tambang. 

Bagi Kawan Tambang yang saat ini masih menempuh pendidikan SMA dan ingin bekerja di pertambangan, jadi tertarik mengambil jurusan apa nih di kuliah nanti? 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer