Minggu, April 14, 2024
Berita Tambang5 Peluang Kewirausahaan di Bidang Geologi Pertambangan

5 Peluang Kewirausahaan di Bidang Geologi Pertambangan

ilmutambang.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi tambang terbesar di dunia. Pertambangan merupakan salah satu bisnis dengan skala besar yang menarik. Di dalamnya banyak kewirausahaan dan peluang di bidang geologi pertambangan.

Bisnis di bidang pertambangan merupakan rangkaian pekerjaan terkait dengan usaha pencarian, penyelidikan, penambangan, pengolahan dan penjualan barang tambang. Barang tambang ini dapat berupa mineral atau batuan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Tidak heran, industri pertambangan merupakan industri yang menjanjikan harapan besar. Secara bisnis bidang geologi pertambangan merupakan bidang potensial untuk dijadikan lapangan usaha. Banyak ide dan peluang di bidang geologi pertambangan yang layak dicoba.

Jurusan Teknik Geologi, Bisakah Kerja di Pertambangan
Jurusan Teknik Geologi di Pertambangan

Berikut beberapa jenis wirausaha di bidang geologi pertambangan yang dapat dijalankan dengan memperhatikan keadaan dan peluang saat ini:

  • Pengusaha Tambang

    Untuk memulai usaha tambang, orang harus mempunyai modal yang cukup besar, untuk investasi pada alat berat seperti backhoe, power shovel dan dump truck. 
  • Pengusaha Jasa Peralatan dan Alat Angkut Tambang

    Perusahaan tambang cenderung menyewa peralatan tambang dan alat angkutnya. Ini menjadi peluang usaha yang dapat dijalankan. 
  • Penyedia Jasa Pengeboran

    Perusahaan tambang lebih suka menggunakan jasa pemboran atau kontraktor bor. Usaha jasa pemboran ini juga memiliki peluang untuk jasa pemboran air tanah, baik untuk umum maupun untuk rumah tangga. 
  • Pelaku Usaha Geowisata

    Peluang bisnis untuk menjadikan tempat bekas tambang sebagai tujuan geowisata. Yang menghadirkan pemandangan indah karena dibentuk oleh proses geologis alami.

Beberapa kewirausahaan dan peluang usaha di bidang pertambangan memang memerlukan modal yang tidak sedikit, tetapi bisnis ini potensial mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Jadi Kawan Tambang siap memulai usaha yang mana nih? 

Baca Artikel  Pertambangan Berkelanjutan, Langkah Selamatkan SDA Masa Depan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer