Rabu, April 17, 2024
Berita TambangWisata Area Tambang Brown Canyon, Surga Bagi Pecinta Fotografi

Wisata Area Tambang Brown Canyon, Surga Bagi Pecinta Fotografi

ilmutambang.com – Salah satu tempat wisata populer di Semarang adalah Brown Canyon. Tempat ini merupakan objek wisata favorit karena tampilannya mirip Grand Canyon di Amerika.

Grand Canyon di utara Arizona, Amerika Serikat itu merupakan lembah dengan tebing-tebing yang terbentuk secara alami. Namun tebing di Brown Canyon terbentuk akibat kegiatan pertambangan yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Bekas pertambangan pasir tersebut kini terlihat lebih menarik, terutama bagi para penggemar fotografi. Tidak sedikit orang yang datang ke Brown Canyon sekadar untuk berfoto.

Berikut beberapa hal menarik dari Brown Canyon.

1. Tambang Tradisional

Brown Canyon berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang. Sejak 1980 kegiatan tambang pasir dilakukan secara tradisional di situ. Para penambang menggunakan palu, godem dan cangkul untuk menambang selama bertahun-tahun.

Baca Artikel  Tertarik Belajar Pertambangan? 5 Channel Youtube Ini Bisa Jadi Rekomendasi

2. Jadi Tempat Wisata

Meski keadaan lingkungan di wilayah ini bekas pertambangan, tidak sedikit orang yang kemudian menjadikannya sebagai tempat wisata. Terutama para pecinta fotografi. Brown Canyon selain menyuguhkan tebing-tebing yang menjulang, juga terdapat danau kecil di situ.

3. Masih Aktif Sebagai Lokasi Tambang

Brown Canyon terletak di kawasan tambang pasir yang masih beroperasi sampai sekarang. Apabila Kawan Tambang tertarik berkunjung ke sini, waktu terbaik untuk datang Brown Canyon adalah di akhir pekan ketika tidak ada aktivitas pertambangan.

4. Rute Menuju Brown Canyon

Dari pusat Kota Semarang, tambang Brown Canyon dapat dijangkau dari berbagai arah. Dari Pasar Meteseh melewati Tembalang, Kedungmundu atau melewati RSUD Klipang. Juga melalui Jalan Fatmawati ke arah RSUD Kota Semarang atau Ketileng. Kemudian ke arah kiri menuju ke Perum Klipang. Dari Klipang Golf melewati tiga jembatan besi, lalu ambil jalur ke arah selatan. Jalur ini akan langsung menuju ke Brown Canyon.

Baca Artikel  Kideco dan LPK Balikpapan Adakan Program Pelatihan Menjahit

Tidak dipungkiri, Semarang memiliki wisata bekas tambang pasir yang mirip Grand Canyon. Tujuan wisata ini banyak diburu para pencinta foto karena latar belakang pemandangan bukit yang berwarna coklat.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer