Minggu, April 21, 2024
Berita Tambang5 Upaya Reklamasi untuk Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

5 Upaya Reklamasi untuk Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang

Upaya reklamasi dilakukan untuk pemanfaatan lahan bekas tambang. Di Indonesia memiliki tambang mineral yang melimpah, tak heran banyak sekali lokasi di Indonesia. Dengan begitu, Indonesia juga memiliki lahan bekas tambang yang bisa dimanfaatkan.

Pemerintah memiliki rencana untuk mereklamasi lahan bekas tambang menjadi kawasan berwawasan lingkungan, dan memiliki dampak positif bagi banyak kalangan.

Adapun upaya reklamasi untuk pemanfaatan lahan bekas tambang adalah sebagai berikut:

  • Revegetasi Tanaman Lokal

Dampak dari kegiatan pertambangan adalah lingkungan yang gersang. Kondisi tersebut membuat tanaman sukar untuk tumbuh, sehingga menjadikan lahan tersebut kritis. Maka dari revegetasi tanaman lokal.

Tanaman lokal akan jauh lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga persentase keberhasilan revegetasi jauh lebih besar dari pada tanaman lainnya. 

  • Bersinergi dengan Alam
Baca Artikel  Indonesia Termasuk Produsen Batubara Terbesar ke-4 di Dunia

Kondisi area-area bekas tambang yang sudah tidak sama lagi seperti awal sebelum adanya kegiatan pertambangan, akan cocok dengan upaya ini. Mengkombinasikan usaha manusia dengan kekuatan alam, akan menjadi sinergi yang menguntungkan.

Lahan akan diperbaiki dengan cara mengolah kualitas tanahnya, agar dapat kembali seperti kondisi semula meskipun tidak akan sempurna. Upaya lainnya adalah dengan menanam buah-buahan dengan tujuan untuk mengundang satwa

  • Memanfaatkan Mikroorganisme

Dengan menggunakan fungi serta bakteri maka dapat membantu menyuburkan tanah. Ekosistem tanah dapat diperbaiki dengan cepat oleh kedua mikroorganisme ini. 

  • Fitoremediasi

Upaya ini digunakan untuk memperbaiki keseimbangan lahan dengan melibatkan tanaman berklorofil. Teknik ini digunakan sebagai penyerap kandungan polutan yang ada di dalam tanah dengan bantuan tumbuhan berklorofil tersebut.

Baca Artikel  5 Pulau di Indonesia dengan Cadangan Emas Terbesar

Baca Juga : Reklamasi Tambang Kideco Berhasil Selamatkan Lingkungan

  • Tempat Wisata

Tempat wisata edukasi menjadi upaya yang tepat, karena dapat menambah wawasan pertambangan bagi para pengunjung. Namun memperhatikan faktor keselamatan menjadi penting pada upaya ini.

Reklamasi lahan bekas tambang sangatlah penting, terlebih saat ini pemerintah ingin Indonesia menjadi kawasan berwawasan lingkungan.

Kegiatan reklamasi pada daerah-daerah bekas tambang, juga bisa mendongkrak perekonomian dan kehidupan sosial lingkungan sekitar pasca ditutupnya lahan tambang.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer