Minggu, April 14, 2024
Berita Tambang6 Alasan Penting Pelatihan K3 Wajib Diberikan Kepada Pekerja

6 Alasan Penting Pelatihan K3 Wajib Diberikan Kepada Pekerja

Pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat penting bagi pekerja di pertambangan. Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka risiko kecelakaan kerja.

Biasanya pembekalan tentang keselamatan dan kesehatan kerja di pertambangan meliputi mendidik, mengenalkan, menyadarkan, serta mengembangkan keterampilan dalam menangani pekerjaannya.

Terus kenapa pemberian materi K3 penting di dunia kerja, khususnya di pertambangan? Nah daripada penasaran, yuk langsung simak informasinya mengenai alasan kenapa perusahaan perlu memberikan pembekalan K3 bagi para pekerjanya: 

  1. Membuka Wawasan Baru Bagi Pekerja

Meskipun pekerja mengetahui bahwa terdapat risiko saat mereka bekerja, tetapi mereka tidak mengetahui apa saja detail risiko kecelakaan kerja yang ada di depan mereka. 

Melalui adanya pembekalan, pekerja bisa menambah pengetahuan serta wawasan baru mengenai tempat kerjanya.

  1. Mengurangi Angka Kecelakaan Kerja
Baca Artikel  Geologis: Profesi Dengan Gaji Selangit

Angka kecelakaan di lingkungan tempat bekerja masih sangat tinggi, bahkan menjadi salah satu momok menakutkan bagi pekerjaan berisiko tinggi. salah satu penyebabnya belum terbangun kesadaran serta minimnya pengetahuan dari pekerjanya.


  1. Meningkatkan kesadaran bagi setiap Pekerja

Kesadaran adalah hal paling penting dalam menghindarkan karyawan dari kecelakaan kerja. Memahami ada bahaya mengintai, mampu mencegah terjadinya berbagai insiden, juga bisa meminimalisir jumlah kerugian

  1. Memastikan Produktivitas Tetap Tinggi

Insiden mampu membuat produksi terhenti, selain itu seseorang yang mengalami kecelakaan tak mampu lagi bekerja secara optimal.

Apabila mampu mencegah kecelakaannya, pekerja bisa tetap bekerja secara optimal, dan secara tidak langsung produktivitas tetap tinggi.

  1. Meningkatkan Keterampilan Memberikan Pertolongan Pertama
Baca Artikel  7 Alat Keselamatan Kerja ‘Wajib’ Digunakan Pekerja Tambang

Agar bisa selamat setelah mengalami masalah ketika bekerja, harus mampu memberikan pertolongan pertama.

Memang tidak bisa menolong sepenuhnya, tetapi setidaknya meningkatkan peluang pekerjanya selamat dari peristiwa tersebut.

  1. Hubungan Karyawan dan Perusahaan yang Baik

Karyawan akan menjadi lebih percaya terhadap perusahaan jika mereka tidak merasa dipermainkan atau dimanfaatkan oleh perusahaan.

Tingkatkan hubungan dengan memberikan pembekalan, pengetahuan, keterampilan, serta jaminan keamanan bagi pekerja. Sebagai gantinya, karyawan akan lebih betah dan berkomitmen.

Tidak dapat dipungkiri, kecelakaan memang menjadi salah satu bahasan yang sangat sensitif di dunia kerja, karenanya perlu langkah untuk menghindari atau meminimalisirnya.

Maka dari itu, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kecelakaan yakni dengan mengadakan pelatihan K3 agar pegawai bisa lebih mandiri, aware, dan siap menghadapi risiko saat bekerja.

Baca Artikel  Good Mining Practice Pilar Utama Keselamatan di Pertambangan

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer