Selasa, April 16, 2024
Berita Tambang6 Fakta Menarik Emas Grasberg Papua, Tambang Emas Terbesar di Dunia

6 Fakta Menarik Emas Grasberg Papua, Tambang Emas Terbesar di Dunia

ilmutambang.com – Tidak dapat dipungkiri, kegiatan pertambangan emas dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan perekonomian daerah dan nasional, khususnya bagi masyarakat sekitar kawasan pertambangan. Salah satu tambang emas di Indonesia yang memberikan dampak positif baik untuk nasional maupun daerah yaitu tambang emas Grasberg. 

Grasberg adalah salah satu tambang emas terbesar di dunia. Grasberg sendiri  merupakan tambang kedua  terbesar setelah tambang pertama berada di Ertsberg, Mimika, Papua. 

Tambang Grasberg terletak di dekat Puncak Jaya, Mimika, Papua. PT Freeport Indonesia selama lebih dari setengah abad telah melakukan penambangan terbuka di sana. 

Berikut informasi seputar tambang Grasberg yang perlu kamu tahu, di antaranya yaitu:  

  • Tambang Terbesar di Dunia

    Tambang Grasberg adalah tambang terbesar di dunia dengan kapasitas 400 rinu metrik ton. Tambang ini satu-satunya tambang yang memiliki cadangan tembaga terbesar kedua di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. 
  • Dikelola PT Freeport Indonesia (PTFI)

    Grasberg dikelola oleh PT Freeport Indonesia, yang 51 persen sahamnya dimiliki pemerintah Indonesia melalui Mining Industry Indonesia (MIND ID) dan 49 persen sisanya milik Freeport McMoran.
  • Menghasilkan Emas dan Tembaga yang Melimpah

    Grasberg yang mencakup tambang terbuka dan bawah tanah telah menghasilkan tembaga sebanyak 528 miliar ons serta 53 juta ons (Moz) emas. Termasuk lebih dari 432 miliar ons tembaga dan 46 Moz emas sejak tahun 1990 hingga 2019.
  • Tambang Terbuka Grasberg Sempat Ditutup pada 2019

    Kegiatan tambang terbuka Grasberg telah berakhir sejak 2019 lalu, ini dilakukan untuk memelihara dan menjaga kestabilan lereng.

    Meskipun tambang terbukanya ditutup, namun PT Freeport Indonesia kemudian mendapat perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) sampai tahun 2041, dengan meneruskan penambangannya secara underground mine.

    Tambang underground ini berada sekitar 1.700 meter di bawah permukaan dataran tinggi Grasberg dengan ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tambang itu telah dibangun sejak tahun 2015 lalu.
  • Grasberg Ditemukan Sejak Era Kolonialisme

    Pada 1930-an penjelajah Belanda menemukan “ladang” tembaga di Jayawijaya, Papua. Namun baru pada 1973, PT. Freeport mulai melakukan kegiatan tambang di sana. 
Baca Artikel  Ini 5 Lokasi Tambang Paling Angker di Dunia, Tertarik Berkunjung?

Itu dia lima informasi tambang emas terbesar di Indonesia, yaitu tambang emas grasberg Papua. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Kawan Tambang, khususnya seputar isu pertambangan.

 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer