Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangAnak Tambang Wajib Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Lapisan Batubara!

Anak Tambang Wajib Tahu Apa Saja Jenis-Jenis Lapisan Batubara!

ilmutambang.com – Kawan Tambang tau gak sih kalo batubara memiliki beberapa jenis lapisan? Batubara memiliki beberapa jenis lapisan. Pada setiap lapisannya memiliki ketebalan dan kualitas berbeda-beda.

Jenis lapisan batubara ini baru dapat ditemukan saat proses kegiatan pemboran eksplorasi di lapangan. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis lapisan batubara, yuk simak penjelasannya di bawah ini ya:

  1. Horse Back

Jenis lapisan batubara horseback ini akan terlihat dari hasil rekonstruksi beberapa lubang pemboran eksplorasi pada saat dilakukan coring secara sistematis.

Ciri-cirinya, yaitu letaknya antara lapisan batubara dan lapisan batuan sedimen yang menutupinya itu melengkung ke atas akibat gaya kompresi. Semakin kuat gaya kompresinya, maka tingkat lengkungannya semakin besar.

  1. Pinch
Baca Artikel  PTFI - Tsingshan Rencana Bangun Smelter Baru di Halmahera

Pada bagian bawah lapisan batubara adalah batuan yang plastis, seperti, batu lempung yang berada di bagian terbawah lapisan batubara. Sedangkan lapisan batubara jenis pinch terletak di bagian pertengahan. Bentuk batubara ini tidak tunggal, melainkan berlapis-lapis dengan ukuran yang bervariasi, mulai dari beberapa meter hingga puluhan meter. 

  1. Clay Vein

Jenis lapisan batubara ini baru akan muncul apabila terjadi patahan di lapisan batubara yang di dalamnya terdapat urat lempung atau pasir. Saat penambangan, lapisan batubara clay vein ini akan ikut tertambang dan merupakan pengotor organik (mineral matter).

  1. Buried Hill

Sama dengan Clay Vein, lapisan batubara jenis Buried Hill baru muncul saat lapisan batubara berada di kulminasi, seolah-olah lapisan ini seperti sedang terintrusi dengan ukuran dari beberapa meter hingga puluhan meter. 

  1. Fault
Baca Artikel  Bantuan Laboratorium Dari Kideco Untuk Kabupaten Paser

Lapisan batubara jenis Fault ini terdapat di daerah endapan batubara yang sebelumnya mengalami beberapa seri patahan. Jika hal itu terjadi, maka bisa mempersulit perhitungan cadangan batubara.

  1. Fold

Jenis lapisan batubara yang satu ini ditemukan di wilayah endapan batubara yang mengalami proses tektonik hingga perlipatan dan masih ada ikatannya dengan lapisan batubara jenis Fault.

Jenis lapisan batubara ini merupakan petunjuk bahwa batubara di daerah tersebut telah mengalami proses coalification yang relatif sempurna. Itulah penjelasan tentang beberapa jenis lapisan batubara yang dapat ditemukan melalui proses pemboran eksplorasi di lapangan tambang batubara. Semoga artikelnya bermanfaat Kawan! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer