Selasa, April 16, 2024
Berita TambangApa Saja Manfaat Pertambangan Bagi Negara dan Daerah?

Apa Saja Manfaat Pertambangan Bagi Negara dan Daerah?

ilmutambang.com – Negara merupakan salah satu negara yang kaya hasil tambang. Hal itu karena letak negara kita secara geografis berada di antara lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. 

Sejumlah lempeng tersebut terbentuk dari lempengan muda yang letaknya berada di daerah cincin api. Tumbukan lempeng tersebut membuat kandungan minyak bumi, gas, serta logam-logam berharga melimpah di dalamnya.

Tak heran, di Indonesia terdapat beraneka macam hasil tambang misalnya minyak bumi, timah, batubara, gas, emas, aluminium, besi, baja, pasir, dan masih banyak lainnya. 

Tapi yang menjadi pertanyaan, adakah manfaat yang diberikan dari kegiatan pertambangan beragam hasil tembang bagi negara? Tentunya, ada dong. 

Baca Artikel  Buset, Gaji Pekerja Tambang Tembus Rp230 Juta/Bulan untuk Posisi Ini

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini ya:

  1. Sumber Lapangan Pekerjaan

    Pertambangan adalah industri yang menyerap banyak tenaga kerja dengan berbagai kualifikasi, dari tingkatan dasar, menengah, sampai ahli.

    Melalui kegiatan pertambangan, pengetahuan masyarakat di sekitar kawasan pertambangan dapat bertambah. Dengan itu mereka berani memulai usaha, misalnya toko kelontong, laundry, warung makan, dan lain sebagainya. Terbukanya lapangan kerja tersebut ikut menekan angka kejahatan karena faktor ekonomi. 
  2. Transportasi dan Komunikasi Menjadi Semakin Maju

    Transportasi dan komunikasi menjadi semakin maju dan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian Indonesia. Karena pada umumnya, pertambangan dilakukan di daerah terpencil. Daerah terpencil ini sangat minim akses transportasi dan komunikasi.  
  3. Meningkatkan Kesadaran Guna Menjaga Lingkungan

    Kesadaran untuk menjaga lingkungan meningkat, karena kegiatan pertambangan telah membuat lingkungan di sekitar pertambangan menjadi tercemar.

    Pencemaran itu membuat warga sekitar daerah pertambangan menjadi lebih peduli dan terdorong untuk melakukan penghijauan lingkungan.
  4. Meningkatkan Pendapatan Negara Maupun Daerah 

    Hasil pertambangan telah memberikan devisa yang besar bagi negara dan dampak positif bagi perekonomian di wilayah sekitar lokasi pertambangan.

Kawan tambang, industri tambang bermanfaat meningkatkan pendapatan negara dan daerah, meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan, membuka lapangan pekerjaan, kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi, serta bebas biaya impor.

Baca Artikel  Melalui 5 Langkah Berikut, Tanah di Area Bekas Tambang Bisa Kembali Subur..

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer