Kamis, April 18, 2024
Berita TambangApa Saja Sih Departemen yang Ada di Mining Industry?

Apa Saja Sih Departemen yang Ada di Mining Industry?

Departemen di mining industry sangatlah penting, mengingat perannya yang sangat vital terhadap sistem tata kelola manajemen agar mempermudah mengelola sub-bidang sektor dari sebuah perusahaan, terutama di mining industry.

Lantas, apa saja sih departemen yang biasanya ada di mining industry? Berikut ulasannya.

  • Departemen HR

Departemen HR ini merupakan departemen yang bertanggung jawab total untuk merencanakan, dan memonitoring proses dan kelayakan serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pekerja di mining industry, seperti gaji karyawan, pengembangan karyawan, hingga pemberian kompensasi karyawan perusahaan.

  • Departemen Keuangan

Uang menjadi sesuatu hal yang didambakan dan diharapkan cairnya oleh para pekerja , sebab di industri ini juga membutuhkan departemen keuangan.

Tentunya departemen ini bertugas untuk menangani masalah keuangan, serta memastikan dan melakukan pengelolaan bisnis.

  • Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Mengurangi angka kecelakaan tidaklah mudah, terlebih lagi di mining industry yang memiliki medan kerja berat dan beresiko tinggi terjadinya kecelakaan yang menimbulkan banyak kerugian.

Departemen KE lah yang bertanggung jawab atas sistem manajemen, mengontrol, dan mengevaluasi dari K3 Lingkungan Hidup.

  • Departemen Operasional

Departemen operasional bertanggung jawab penuh atas seluruh kebijakan sistem dan pengaturan yang meliputi proses produksi, seperti penebangan, penimbunan, dan kegiatan penunjang lainnya.

Baca Artikel  Limbah Batubara Ciptakan Lapangan Kerja! Gimana Caranya?
  • Departemen Pemeliharaan

Kendaraan dapat siap pakai dan layak digunakan serta unit selalu dalam keadaan prima dan performa yang stabil merupakan tugas yang diemban dari departemen pemeliharaan.

Tidak hanya itu, departemen ini juga harus mampu berkolaborasi dengan departemen keuangan agar mampu mengelola biaya peralatan seefektif mungkin.

  • Departemen Engineering

Departemen ini memuat satu rumpun yang terdiri dari mine plan engineer, blast engineer, data science engineer, dan surveyor engineer.

Departemen Engineering bertanggung jawab atas tercapainya target produksi sebuah perusahaan mining industry.

Nah itu dia 6 departemen yang ada di mining industry. Kira-kira buat kalian yang berminat bekerja di pertambangan, ingin menempati departemen yang mana?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer