Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraApa Saja Sih Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Kita?

Apa Saja Sih Manfaat Batubara Bagi Kehidupan Kita?

Batubara merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Di Indonesia, benda padat hitam ini banyak ditemukan terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan. 

Batubara termasuk salah satu bahan bakar fosil yang terbentuk dari sisa tumbuhan dan sudah melalui berbagai proses pembatubaraan. Seperti kita tahu bahwa, batubara memang terkenal sebagai bahan bakar utama bagi pembangkit listrik. 

Selain untuk pembangkit listrik, ternyata banyak juga loh manfaat si emas hitam ini bagi kehidupan kita. Apa saja memang? Simak penjelasannya di bawah ini ya:   

  1. Penghasil Produk Gas

Manfaat batu bara yang kedua adalah sebagai penghasil produk gas. Dimana gas alam ini didapat  dari batu bara yang masih berada dalam tanah. Gas ini akan diolah di pertambangan untuk  berbagai macam produk, seperti bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, dan produk  hidrogen dan solar. 

  1. Pendukung Industri Aluminium 
Baca Artikel  Deretan Negara Eropa yang Beli Batubara Indonesia

Batu bara yang digunakan untuk industri aluminium diperoleh sebagai hasil sampingan dari  proses oksidasi besi pada aktivitas industri baja. Gas dan panas yang dihasilkan dari batu bara  inilah yang kemudian menghasilkan produk aluminium. 

  1. Pendukung Industri Produk Baja 

Manfaat dari batu bara lainnya adalah untuk membantu industri produk baja. Dimana produk  baja yang dihasilkan ini akan menghasilkan beragam produk yang biasa digunakan sehari-hari  seperti alat kesehatan, pertanian, transportasi, dan mesin-mesin yang bermanfaat bagi kebutuhan rumah  tangga. 

  1. Pendukung Industri Semen 

Selain bermanfaat untuk industri baja dan alumunium, batu bara juga bermanfaat untuk bahan  baku pembuatan semen. 

  1. Pendukung Industri Kertas 

Manfaat batu bara berikutnya adalah untuk membantu produksi dalam industri kertas. Panas  yang dihasilkan dari batubara kerap dimanfaatkan untuk industri kertas.  

  1. Penyulingan Tar Batubara 
Baca Artikel  Kenali yuk Metode dan Teknik Penambangan Minyak Bumi!

Penyulingan tar batubara ini akan menghasilkan residu yang disebut dengan tar batu bara yang  berbentuk cair dan berwarna hitam pekat.

Baca Juga : Pertambangan Batubara & Manfaat bagi Kehidupan

Tar batu bara ini dimanfaatkan untuk memperbaiki  rumah dan bangunan, serta produksi kain. Selain itu, sering juga dimanfaatkan untuk membuat  bangunan tahan air, isolasi bangunan, membuat cat, kain, sampo, dan sabun.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer