Selasa, Juni 15, 2021

Pertambangan Batubara & Manfaat bagi Kehidupan

Masih banyak yang belum mengetahui bahwasannya kegiatan pertambangan batubara selain termasuk salah satu sektor terbesar penyumbang pendapatan negara, ternyata memiliki manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. 

Pada prosesnya, aktivitas penambangan terdiri dari beberapa teknik, yaitu teknik penambangan terbuka (surface mining) dan teknik penambangan bawah tanah (underground mining). 

Teknik Penambangan Terbuka

Teknik penambangan terbuka merupakan sebuah teknik penambangan di mana kegiatan dan prosesnya dilakukan di atas permukaan bumi atau tanah.

Teknik penambangan terbuka lebih efisien untuk dilakukan karena lebih aman untuk dilakukan dan lebih mudah pengawasannya dikarenakan posisinya yang berada di alam terbuka. 

Selain itu, teknik penambangan terbuka berada di alam bebas, sehingga memungkinkan pekerjanya untuk tidak secara terus menerus menghirup gas-gas yang dapat merugikan kesehatan.

Hal ini  juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya keracunan ketika sedang melakukan penambangan. 

Kegiatan penambangan dengan teknik penambangan terbuka ini juga memiliki persentase kapasitas proses ekstraksi mineral-mineral dan batubara lebih tinggi dan lebih cepat dilakukan.

Hal ini karena teknik ini dapat menggunakan benda-benda berat yang mempengaruhi jumlah total dari mineral yang bisa diambil saat penambangan berlangsung. 

Namun, teknik penambangan terbuka memiliki beberapa kekurangan selama pengerjaannya. Teknik penambangan terbuka dapat menurunkan performa para pekerja karena bersinggungan langsung dengan cuaca di alam. 

Kemudian, pada saat melakukan penambangan, teknik tambang terbuka memiliki keterbatasan dalam proses penggalian karena memiliki peraturan kedalaman maksimal penggalian yang diperbolehkan. 

Teknik Penambangan Bawah Tanah/Tertutup

Terdapat tantangan tersendiri dalam menggunakan teknik penambangan bawah tanah. Proses dari teknik penambangan bawah tanah lebih kompleks untuk dilakukan ketimbang teknik penambangan terbuka jika dalam prosesnya tidak dilakukan secara teliti dan akurat. 

Baca Juga: Begini Nasib Batubara di Tahun 2025

Hal ini disebabkan teknik ini memerlukan persiapan lebih memadai untuk menjamin keselamatan para pekerja.

Related Articles

Indonesia
115,197
Total active cases
Updated on June 15, 2021 6:12 am

Latest Articles