Minggu, Mei 26, 2024
Berita TambangAPD Apa Saja yang Diperlukan Pekerja Tambang? Ini Daftarnya!

APD Apa Saja yang Diperlukan Pekerja Tambang? Ini Daftarnya!

Pertambangan adalah kegiatan untuk mengekstraksi mineral dan bahan tambang lainnya dari dalam bumi dengan resiko dan bahaya yang tinggi. Adanya resiko kecelakaan kerja cukup tinggi, para pekerja harus melengkapi diri dengan peralatan keselamatan standar, yakni Alat Pelindung Diri (APD).

Penggunaan APD di pertambangan telah diatur oleh Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per. 08/Men/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri (APD).

Alat pelindung diri atau APD merupakan alat untuk melindungi para pekerja dengan mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja. 

Khusus di pertambangan beberapa Alat Pelindung Diri (APD) yang harus digunakan, yaitu:

  1. Alat Pelindung Kepala

Alat Pelindung Kepala (Safety helmet) untuk melindungi kepala pekerja dari benturan, terpukul, kejatuhan benda keras atau benda tajam, terantuk, percikan api dan bahan kimia, radiasi panas, mikro organisme dan suhu yang ekstrim.

Safety helmet untuk pekerja penambangan di bawah tanah dilengkapi dengan lampu kepala. Safety helmet berwarna beragam, yang memudahkan untuk mengenali posisi atau jabatan orang yang memakainya. 

Baca Artikel  Tanpa Disadari! Ini 7 Makna Warna Helm Proyek Tambang
  1. Pakaian Pelindung

Pakaian pelindung berupa rompi reflektor (safety vest) secara khusus dilengkapi bahan illuminator, yang berpendar saat terkena cahaya supaya posisi pekerja terlihat dengan mudah di malam hari atau di wilayah yang gelap.

  1. Alat Pelindung Kaki

Sepatu khusus untuk melindungi kaki para pekerja dari benturan benda-benda berat, tertimpa, tertusuk benda tajam, terkena cairan panas atau terpapar suhu yang ekstrim, cipratan bahan kimia dan mikro organisme, serta tergelincir. 

  1. Alat Pelindung Mata

Alat Pelindung Mata (safety goggles) dan tameng muka (face shield) serta tameng muka dan kacamata yang menjadi satu (full face masker). Untuk melindungi mata dan muka dari percikan bahan kimia, benda-benda berukuran kecil, uap panas dan dingin, radiasi gelombang elektromagnetik, benturan benda keras atau tajam dan pancaran cahaya.

Baca Artikel  Biar Jadi Pelindung Saat Bekerja di Tambang, Ini Tips Memilih Safety Goggles
  1. Alat Pelindung Tangan

Alat Pelindung Tangan (Safety gloves) berfungsi melindungi tangan dari suhu panas dan dingin, arus listrik, percikan api, bahan kimia, benturan dan goresan hingga infeksi virus dan bakteri.

Pada intinya saat bekerja di tambang, semua jenis APD untuk pekerja harus dikenakan sesuai dengan aturan yang berlaku. APD tidak hanya menjamin keselamatan para pekerja tambang, tetapi juga menjaga keselamatan orang-orang yang berada di sekitarnya.  

Baca Artikel  Biar Jadi Pelindung Saat Bekerja di Tambang, Ini Tips Memilih Safety Goggles

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer