Jumat, April 16, 2021

Tanpa Disadari! Ini 7 Makna Helm Proyek Tambang

Helm proyek tambang yang berwarna-warni memiliki makna penting bagi keselamatan para pekerja ketika berada di lapangan. Penggunaan helm ini tidak hanya aksesori atau barang yang boleh asal dipilih sesuai selera saja. Hal ini dikarenakan helm mempunyai makna penting dalam mencerminkan posisi atau jabatan individu dalam sebuah proyek.

Selain dapat mengenali jabatan, warna helm yang berbeda akan membuat para pekerja lebih mudah terlihat saat berada di area tambang, sehingga mencegah terjadinya tabrakan dan mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Peraturan mengenai helm keselamatan ini bukanlah merupakan hal yang baku, dan bisa saja berbeda-beda setiap negara atau perusahaan. 

Berikut  7 makna warna helm proyek tambang yang wajib diketahui.

  1. Warna Kuning

Helm keselamatan warna kuning biasanya digunakan oleh operator, sub kontraktor dan pekerja umum.

2. Warna Biru

Helm keselamatan warna biru biasanya dipakai oleh site supervisor, pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan dan operator teknis pengawas sementara. Namun, dalam praktiknya di lapangan, helm ini kerap digunakan oleh oleh operator alat-alat berat seperti buldozer, forklift, dan crane.

3. Warna Hijau

Pekerja yang menggunakan helm keselamatan warna hijau adalah para pengawas lingkungan. 

4. Warna Merah

Untuk warna helm merah, biasanya digunakan oleh safety officer atau pihak yang bertanggung jawab dalam memeriksa sistem keselamatan yang sudah terpasang dan berfungsi sesuai standar kesehatan.

5. Warna Putih

Bagi kamu yang sering melewati kawasan proyek tambang dan melihat para pekerja menggunakan helm putih, maka orang-orang tersebut memiliki peranan penting dalam proyek. Biasanya  jabatan merak adalah manajer, pengawas, insinyur, dan mandor.

Baca Juga : Catat! Ini Syarat Masuk Dunia Tambang saat Pandemi

6. Warna Coklat

Warna  coklat menandakan bahwa pekerja tersebut adalah tukang las atau para pekerja yang berhubungan dengan aplikasi panas tinggi.

7. Warna Oranye

Terakhir, apabila kamu sering melewati kawasan tambang dan melihat orang yang menggunakan helm warna oranye, maka dapat disimpulkan, orang tersebut adalah tamu yang tengah berkunjung ke perusahaan tambang. 

Related Articles

Indonesia
108,032
Total active cases
Updated on April 16, 2021 10:07 am

Latest Articles