Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangBagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan?

Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan?

Mengatasi Kerusakan Lingkungan di Pertambangan

ilmutambang.com – Kegiatan menambang berarti menggali dan mengambil Sumber Daya Alam (SDA) yang berada di dalam Bumi. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

SDA yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari manusia biasanya berasal dari tambang, seperti batubara, emas, sampai nikel.

Namun tidak dapat dipungkiri, kegiatan pertambangan terkadang menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini terjadi dikarenakan ada saja beberapa perusahaan pertambangan yang tidak bertanggung jawab terhadap hasil kegiatan pertambangannya.

Lalu pertanyaanya, adakah cara untuk mengatasi dampak negatif dari kegiatan tersebut? Jawabannya tentu ada pastinya. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi sekaligus mencegah kerusakan lahan pertambangan: 

  1. Kegiatan Pertambangan Perlu Izin Dari Pemerintah Setempat

Pemerintah tidak boleh sembarangan memberi izin penambangan. Meskipun demikian, banyak ditemukan pertambangan ilegal yang bebas beroperasi menggali sumber daya alam.

  1. Setiap Perusahaan Pertambangan Harus Memonitor di Lingkungan Sekitar

Setiap perusahaan pertambangan harus terus melakukan penelitian terhadap sedimen atau endapan dari pembuangan limbah penambangan sebelum limbah hasil penambangan dibuang.

  1. Mencabut Izin Operasi Perusahaan Pertambangan yang Melanggar Amdal

Jika perusahaan tambang terbukti telah melanggar dan melakukan pencemaran lingkungan, pemerintah wajib mencabut izin operasi perusahaan tersebut. 

  1. Menjaga Keanekaragaman Hayati Di Sekitar Lokasi Pertambangan

Perusahaan tambang yang berada di lokasi yang mempunyai beraneka macam tumbuhan dan hewan wajib memelihara dan melestarikan lingkungan alam sekitarnya.

  1. Perusahaan Pertambangan Wajib Melakukan Reklamasi Bekas Penggalian Pertambangan

Perusahaan tambang harus melaksanaan reklamasi dengan tahapanan tertentu, agar proses reklamasi tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca Artikel  Mengapa Lahan Bekas Tambang Perlu Direklamasi?

Tahapan berupa mendeteksi kandungan logam berat yang terdapat di lubang bekas galian, penataan lahan agar sesuai dengan kondisi bentang alam, pengelolaan sedimen serta pengendalian erosi di area bekas pertambangan dan melakukan konservasi pada lapisan tanah paling atas dan lain sebagainya.

  1. Berikan Edukasi Di Setiap Warga Sekitar Tentang Bahaya Pertambangan Ilegal

Pemerintah harus melakukan sosialisasi kepada warga supaya tidak melakukan kegiatan penambangan dan ikut serta aktif menjaga lingkungan di sekitar.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi dan juga mencegah kerusakan lingkungan akibat pertambangan. Apabila beberapa langkah di atas itu benar dilakukan, tentunya kerusakan lahan tambang dapat dicegah ya Kawan.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer