Minggu, Februari 25, 2024
MinerbaBatubaraBatubara, Bahan Tambang Organik dan Persebarannya di RI

Batubara, Bahan Tambang Organik dan Persebarannya di RI

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, salah satunya yaitu bahan tambang. Hasil bahan tambang tersebar di seluruh Indonesia dengan jenis yang berbeda-beda tentunya. 

Bahan tambang merupakan sebuah sumber daya alam yang bisa diperoleh dengan jalan melakukan penambangan. Biasanya, barang tambang diambil langsung dari alam dengan serangkaian teknik dan tahapan.

Bahan tambang termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yaitu sumber daya yang akan habis jika digunakan secara terus menerus.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui digolongkan ke dalam tiga jenis, yaitu:  

  • Organik (bukan logam), 
  • Logam, dan 
  • Industri.

Nah dalam artikel ini akan membahas mengenai bahan tambang organik, khususnya batubara, dan persebarannya di Indonesia. Simak penjelasan berikut ya! 

Contoh Bahan Tambang Organik dan Persebarannya di Indonesia

Bahan tambang organik adalah bahan tambang yang bukan logam bentuknya, didapatkan dari fosil makhluk hidup yang telah mati dan tertimbun di dalam bumi lebih dari jutaan tahun lamanya.

Bahan tambang organik juga dapat dijadikan sebagai sebuah energi, salah satunya dimanfaatkan untuk membentuk energi listrik. Contoh bahan tambang organik salah satunya yaitu batubara.

Berikut adalah penjelasan mengenai barang tambang organik batubara dan persebarannya di Indonesia.

Batubara

Batubara adalah jenis sumber daya alam yang kegunaannya sangat penting bagi aktivitas manusia, meliputi kegiatan industri dan rumah tangga. 

Batubara menjadi salah satu komoditas barang tambang yang populer sejak dulu sampai sekarang, sebab memiliki banyak kegunaan. Mulai dari bahan dasar pembuatan plastik, pengganti kayu, dan bahan bakar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

Bahan tambang ini terbentuk dari endapan organisme yang telah mati. Proses endapan tumbuhan tersebut tidak sebentar, lho Kawan Tambang. Prosesnya sendiri menghabiskan jutaan tahun. Oleh sebab itu, batubara digolongkan sebagai bahan bakar fosil. 

Baca Artikel  Kontributor Utama PNPB, Industri Batubara Perlu Dapat Dukungan!

Berikut ini rincian wilayah penghasil batubara tertinggi di Indonesia:

  • Ombilin di Sumatera Barat
  • Bukit Asam di Muara Enim Sumatera Selatan
  • Kab. Pasir, Berau, Bulungan, dan Kodya Samarinda di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.
  • Maluku Utara .

Itu dia informasi mengenai contoh bahan tambang organik dan persebarannya di berbagai wilayah di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan Kawan Tambang tentang isu tambang ya.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer