Minggu, Februari 25, 2024
Berita TambangTerbukti! Batubara Indonesia Jadi Incaran Negara-negara Eropa

Terbukti! Batubara Indonesia Jadi Incaran Negara-negara Eropa

Batubara Indonesia Incaran Eropa – Saat ini negara-negara di Eropa sedang kelimpungan mencari pengganti impor bahan baku energi, seperti batubara dan gas. Hal ini imbas dari sanksi ekonomi Uni Eropa kepada Rusia akibat menginvasi Ukraina. 

Urgensi kebutuhan energi di Eropa juga semakin penting karena mereka sebentar lagi akan menghadapi musim dingin. 

Indonesia merupakan salah satu negara incaran mereka dalam hal pemasok batubara, pengganti Rusia. Hal itu terbukti, Italia, Polandia, Jerman, Swiss dan Belanda sudah memesan batubara dari Indonesia.

Baca Juga : Dampak Perang Rusia-Ukraina, Batubara Indonesia Incaran Eropa

Mengacu kepada data BPS, Polandia sudah memesan batubara Indonesia sebanyak 52.230 ton, sementara Jerman kabarnya sedang bernegosiasi untuk memesan batubara Indonesia sebanyak 5-6 juta ton.

Baca Artikel  Pemerintah Siap Dirikan Clean Coal Technology di Jabar

Selain itu, tercatat sejak Januari – Juni 2022 terjadi peningkatan ekspor batubara khususnya ke negara-negara Eropa itu mencapai US$ 249,6 juta atau Rp 3,74 triliun (kurs Rupiah Rp 14.984 per US$).

Kepala BPS Margo Yuwono menyatakan, perkembangan ekspor batubara saat ini menjadi bagian penting Indonesia sejak kuartal II-2022 ini. Batubara menjadi komoditas unggulan yang mendukung surplusnya neraca dagang Indonesia pada semester I-2022 ini.

Ternyata tak hanya batubara, Margo juga menyebut gas dari Indonesia juga menjadi incaran Eropa. Mereka bahkan sudah melobi Indonesia untuk mengirimkan pasokan gas, yaitu  gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) demi memenuhi kebutuhan cadangan energi. 

Baca Artikel  Kamu Anak Tambang? Bisa Bedain Jenis Kualitas Batubara?

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer