Selasa, April 16, 2024
MinerbaBatubaraBatubara Punya Peran Besar, Bisakah Pemanfaatannya Disetop?

Batubara Punya Peran Besar, Bisakah Pemanfaatannya Disetop?

Peran Batubara – Industri batubara sampai saat ini terus menjadi sorotan di berbagai negara. Salah satu alasannya yakni emas hitam ini masih sangat dibutuhkan sebagai sumber energi yang murah dan juga potensial. 

Alasan lain yang menyebabkan batubara masih menjadi primadona karena masih tingginya ketergantungan dunia akan emas hitam untuk menghidupkan berbagai roda industri, seperti industri ekonomi. 

Melihat peran batubara yang cukup vital hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat, banyak analis energi memprediksi industri pertambangan batubara  menjadi salah satu dari tiga sektor teratas dengan investasi dan penyerapan tenaga kerja tertinggi pada 2023, selain infrastruktur dan pariwisata. 

Perkiraan tersebut didukung dengan data  kementerian ESDM yang menyebutkan, sektor minerba telah menciptakan lapangan kerja dengan menyerap lebih dari 250 ribu tenaga kerja hingga Oktober 2021.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro juga menegaskan industri batubara punya peran besar terhadap terciptanya lapangan pekerjaan baik di dalam maupun luar negeri, sehingga diperlukan jalan keluar ketika wacana pemanfaatan batubara akan dihentikan di seluruh dunia. 

Baca Artikel  Presdir Holding Kideco: Prospek Batubara Baik di 2023

Apalagi seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri pertambangan batubara pasca pemulihan ekonomi pandemi Covid-19, jumlah anggota masyarakat yang bekerja di perusahaan pertambangan beserta keahliannya diprediksi akan terus bertambah. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer