Minggu, April 14, 2024
MinerbaBatubaraLihat Yuk Ragam Hasil Tambang di Negara Tetangga Indonesia!

Lihat Yuk Ragam Hasil Tambang di Negara Tetangga Indonesia!

ilmutambang.com – Ternyata hasil tambang ada di negara ini juga. Negara-negara Association of Southeast Asia Nation (ASEAN) pada faktanya memiliki cukup potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, termasuk tambang. Tidak hanya Indonesia, negara-negara seperti Laos hingga Malaysia juga memiliki hasil tambang yang melimpah.

Satu-satunya negara yang tidak memiliki kekayaan tambang adalah Singapura. Negara ASEAN selebihnya memiliki potensi sumber daya alam unggulan masing-masing. 

Nah penasaran apa saja potensi SDA tambang di negara ASEAN lain? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Thailand

Thailand sejak lama dikenal sebagai negara pengekspor hasil pertanian, namun di samping itu, negara ini juga memiliki kekayaan tambang yang cukup melimpah. Antara lain timah, tembaga, biji besi, seng, emas, batubara, gas dan minyak. 

  1. Filipina
Baca Artikel  Sawahlunto Dahulu Tempat Menambang Batubara Kini Jadi Destinasi Wisata Ciamik

Filipina juga merupakan negara ASEAN yang kaya hasil pertanian. Meski begitu Filipina juga menjadi salah satu negara penghasil tembaga, emas, perak dan bijih besi.

  1. Vietnam

Meski unggul di bidang pertainan, negara Vietnam juga memiliki hasil Tambang yang cukup melimpah, yaitu batubara, bijih besi, timah dan emas.

  1. Myanmar

Myanmar selain unggul di sektor pertanian, juga menjadi salah satu negara ASEAN penghasil nikel, tembaga, antimon, seng dan tungsten batubara, minyak bumi, gas alam, batu kapur, hingga permata.

  1. Laos

Laos merupakan negara ASEAN dikenal sebagai penghasil kopi, tembakau dan kayu. Laos masuk dalam jajaran negara penghasil emas terbesar di dunia. Cadangan emas negara ini mencapai 7,6 ton. Tambang emas di Laos adalah tambang Sepon.

  1. Kamboja
Baca Artikel  Perusahaan Induk Kideco Serius Diversifikasi Bisnis Non-Batubara

Kamboja dikenal sebagai negara penghasil karet, kapuk, tebu dan hasil pertanian lainnya, Kamboja juga dikenal dengan pertambangan besi, tembaga, emas dan permata.

Nah itu dia deretan SDA tambang dari masing-masing negara ASEAN selain Indonesia. Apabila dilihat lebih jauh cukup beragam juga ya hasil tambang di negara-negara tetangga RI, mulai dari timah, tembaga, besi, alumunium hingga batubara. 

Tetapi perlu kita ketahui pula, barang tambang termasuk SDA yang membutuhkan waktu untuk diperbaharui kembali. Maka dari itu, pemanfaatannya perlu digunakan sebaik-baiknya agar generasi mendatang bisa merasakannya juga.

Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer