Senin, Mei 27, 2024
Berita TambangBeberapa Jenis Usaha Pertambangan Emas Di Indonesia

Beberapa Jenis Usaha Pertambangan Emas Di Indonesia

ilmutambang.com – Bisnis pertambangan di Indonesia bukanlah hal baru, karena negara ini termasuk surga tambang terbesar di dunia. Salah satunya jenis usaha pertambangan emas.

Setidaknya ada dua jenis bisnis tambang emas yang dipraktikkan di negara ini. Keduanya memiliki cara pertambangan yang berbeda, sehingga keuntungan yang didapatkan juga berbeda. 

Bisnis Tambang Emas Tradisional

Bisnis tambang emas tradisional, merujuk pada sistem pengerjaannya yang dijalankan secara manual, bahkan tidak memiliki standar dan alat-alat keamanan. Oleh sebab itu bisnis tambang emas tradisional ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Risiko meliputi kesehatan dan keselamatan pekerja dan kerusakan lingkungan.

Bisnis Tambang Emas Modern

Bisnis tambang emas modern, melakukan pekerjaan tambang secara sistematis. Mulai dari cara penilaian lokasi tambang hingga alat-alat yang digunakan dalam proses penambangan.

Bisnis tambang modern ini biasanya dimiliki oleh para pengusaha besar dan bekerja sama dengan banyak pihak. Sehingga menggunakan peralatan yang memadai, bahkan canggih. 

Bisnis ini dilakukan jauh lebih aman, karena memiliki standar keamanan untuk setiap proses pengerjaan pertambangan. Oleh sebab itu, risiko terkait kesehatan dan keselamatan kerja dan kerusakan lingkungan dapat dipantau.

Baca Artikel  Menelisik Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja di Tambang

Meskipun menggunakan peralatan dengan harga mahal, keuntungan yang diperoleh sangat besar karena alat berat yang digunakan membuat proses penambangan lebih cepat dan menghasilkan lebih banyak.

Kawan tambang, dua jenis bisnis tambang emas yang yang ada di Indonesia, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun bisnis pertambangan apapun harus mengutamakan keselamatan kerja dan pelestarian lingkungan, selain untung yang besar.  

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer