Senin, Mei 27, 2024
MinerbaBatubaraBikin Kaget! Bekas Galian Tambang Ini Jadi Danau Cantik

Bikin Kaget! Bekas Galian Tambang Ini Jadi Danau Cantik

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan bahan galian tambang. Tak jarang, beberapa area bekas tambang yang sudah tak terpakai dan lambat laun menjadi tempat wisata seperti Danau Biru Pengaron.

Danau cantik ini terbentuk dari bekas ceruk-ceruk tambang batubara yang terisi air hujan. Salah satu danau terindah di Indonesia ini biasa disebut Danau Parta atau Paring Tali. Lokasinya sendiri berada ada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pesona dari Danau Biru Pengaron adalah genangan airnya yang memiliki warna biru tosca. Hal ini disebabkan oleh biasan sinar matahari ke air permukaan danau yang diasumsikan mengandung logam-logam tertentu karena bekas galian tambang.

Wisata Danau Biru Pengaron

Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan saat berkunjung di sini, berikut rekomendasi lengkapnya!

1. Berfoto

Saat mengunjungi sebuah tempat wisata, hal wajib yang dilakukan wisatawan adalah berfoto untuk membuat kenang-kenangan tentang tempat yang pernah dikunjungi. Tentunya kamu bisa berfoto dengan latar belakang Danau Pengaron.

Wisatawan lokal banyak mengambil gambar dengan mengeksplorasi berbagai sudut danau. Terlebih di sekeliling danau terdapat tebing bekas pahatan tambang yang membentuk relief unik dan bukit yang hijau. Pantulan pemandangan di permukaan airnya menambah kesan estetika untuk diabadikan ke dalam foto. 

2. Menikmati Pemandangan Danau

Sekadar singgah untuk duduk di tepi danau dan menikmati pemandangan birunya air danau bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan, terlebih kamu datang bersama teman atau keluarga yang bisa diajak ngobrol santai sambil menikmati panorama danau yang eksotis.

Danau Pengaron memang tidak seluas danau alami lainnya, namun pesonanya juga tidak kalah cantik. Perbukitan yang berada di sekitar danau dan pepohonan rindang yang tersebar menambah kesan kealamian danau ini.

3. Bermain Air 

Siapa sangka, kamu juga ternyata bisa bermain air di danau lho di sini. Namun bagi kamu yang tidak bisa berenang, disarankan untuk tidak nyebur ke danau karena kedalaman dari danau ini tidak diketahui dan tidak dipasang papan penanda.

Sehingga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik hanya menikmati pemandangan dari tepi danau ya. 

Baca Artikel  Berkat Tambang, Ekonomi Papua 2021 Naik 15,11%

Apabila kamu bermain air di sini, kamu akan menjumpai ikan seluang kecil yang ikut berenang-renang dalam birunya air.

Harga Tiket Masuk Kawasan Danau Biru

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu tidak perlu takut isi dompetmu terkuras habis. Sebab setiap orang hanya dikenakan tarif sekitar 10 ribuan saja untuk bisa menikmati lukisan alam sang pencipta hingga puas.

Namun perlu diingatkan bahwa tarif tiket masuk bisa berubah kapan saja, sehingga tidak ada salahnya membawa uang tambahan sebagai langkah pencegahan.

Itu dia sederet informasi mengenai destinasi wisata Danau Biru Pengaron. Tak heran memang, berkat keindahannya tersebut banyak wisatawan yang merasa terpanggil untuk datang ke sini.

Jadi, Kawan Tambang kapan nih berkunjung ke Danau Biru Pengaron? 

Baca Artikel  Limbah Batubara Ternyata Memiliki Beragam Manfaat Loh!

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer