Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangBerikut Kiat Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pertambangan

Berikut Kiat Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Pertambangan

Bekerja di industri pertambangan merupakan pekerjaan yang berisiko tinggi. Selain kesehatan, faktor keselamatan juga harus diperhatikan oleh para pekerja tambang.

Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di tambang, berikut beberapa hal yang harus dilakukan:

1. Mematuhi Prosedur Keselamatan

Mematuhi semua prosedur keselamatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan otoritas terkait. Gunakan alat pelindung diri (APD) yang telah disediakan seperti helm, sepatu keselamatan, kacamata, masker debu dan perlindungan pendengaran.

2. Latihan dan Pelatihan

Mengikuti semua pelatihan keselamatan dan pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh perusahaan. Kuasai cara menggunakan peralatan dengan benar, mengenali potensi bahaya dan bagaimana menghadapinya.

3. Pengawasan Kesehatan Rutin

Memeriksa kesehatan secara rutin untuk memantau kondisi fisik dan pencegahan masalah kesehatan sejak dini. Hal ini meliputi pemeriksaan fisik, kesehatan mental dan tes khusus, misalnya tes paru-paru.

Baca Artikel  Melihat Perubahan Helm Tambang: Dari Inisiatif Franz Kafka hingga Zaman Modern

4. Pemantauan Dehidrasi

Minum cukup air selama shift kerja dan hindari minuman berkafein atau beralkohol yang menyebabkan dehidrasi.

5. Pemantauan Kualitas Udara

Tempat kerja harus memiliki sistem ventilasi yang baik dan gunakan masker debu untuk melindungi paru-paru dari paparan debu dan gas berbahaya.

6. Manajemen Stres

Mengelola stres dengan baik, beristirahat yang cukup dan mencari dukungan dari rekan kerja dan keluarga. Karena pekerjaan di industri pertambangan memiliki tekanan dan beban kerja yang tinggi.

7. Olahraga dan Gizi Seimbang

Melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran fisik. Menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi makanan bergizi serta membatasi konsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan.

Baca Artikel  Sederet Manfaat Sumber Daya Tambang Bagi Indonesia

8. Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk pulih setelah bekerja dengan tidur yang cukup dan mengatur waktu istirahat dengan baik.

9. Komunikasi yang Baik

Mengkomunikasikan dengan rekan kerja dan atasan mengenai masalah kesehatan dan keselamatan yang dihadapi.

10. Pertahankan Keseimbangan Hidup

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dan menciptakan waktu bersantai dengan melakukan hobi atau menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman.

Kawan tambang, kesehatan dan keselamatan adalah prioritas utama di tempat kerja. Diskusikan dengan para profesional kesehatan dan petugas keselamatan di tempat kerja secara teratur.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer