Minggu, Juni 16, 2024
Berita TambangBerlian Pink Terbesar Ditemukan di Tambang Afrika

Berlian Pink Terbesar Ditemukan di Tambang Afrika

Dilansir dari The National News, sebuah berlian langka berwarna pink yang disebut sebagai salah satu berlian terbesar di dunia ditemukan di Tambang Karowe, Botswana, Afrika oleh perusahaan Kanada, Lucara Diamond Corp.

Ladies! Ini Dia Si Cantik Dari Benua Hitam
Ladies! Ini Dia Si Cantik Dari Benua Hitam

Penemuan terbaru itu mengalahkan rekor penemuan berlian oleh Lucara pada November 2015. Berlian pink 1.78 karat yang ditemukan di Tambang Karowe, Afrika ini memiliki berat hampir 352 gram (12,42 ons).

Berlian pink ini menjadi berlian kedua terbesar setelah Berlian Cullinan yang berukuran 3.016 karat yang juga ditemukan di Afrika Selatan pada 1905.

Berlian pink yang ditemukan di tambang Afrika ini sukses terjual dalam lelang privat yang dilakukan Lucara dengan harga US$53 juta atau setara Rp709 miliar.

Tambang Karowe di Afrika ini sepanjang sejarahnya, telah menghasilkan 17 berlian yang lebih besar dari 100 karat termasuk lima dari yang lebih dari 3.000 karat. Namun untuk berlian pink, ini sangat amat langka. 

Dengan ukurannya yang 2 mm x 17 mm x 16 mm dan klasifikasi tipe IIA, berlian pink ini paling murni secara kimia dan berkualitas tinggi.

Di periode produksi yang sama, tambang ini juga menghasilkan penemuan berlian pink mewah lainnya dengan ukuran 22,21 karat.

Sebagai produsen berlian terkemuka di Afrika, Botswana memang dikenal sebagai gudangnya berlian.

Baca Juga : Andalan Mineral! Ini Manfaat dan Potensi Batu Gamping

Tempat itu memiliki banyak pembeli berlian dari segala penjuru dunia seperti Mumbai, Antwerpen, dan China. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer