Minggu, Mei 26, 2024
Ilmu TambangBongkar Manfaat Barang Tambang Bagi Kehidupan

Bongkar Manfaat Barang Tambang Bagi Kehidupan

Manusia membutuhkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari banyak sumber daya alam tersebut, satu di antaranya yaitu barang tambang yang memiliki segudang manfaat.

Meski barang tambang memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi manusia, sebaiknya tidak boleh memakainya secara berlebihan. Alasannya, barang tambang baru akan pulih lagi dalam waktu yang sangat lama. 

Agar kamu semakin paham mengenai manfaat barang tambang, yuk simak penjelasan jenis barang tambang dan manfaatnya bagi kehidupan kita: 

  1. Batubara

Batubara merupakan sumber daya alam jenis bahan bakar fosil ini berbentuk batuan sedimen yang mudah terbakar. 

Sumber daya alam satu ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai sumber energi pembangkit listrik, bahan baku pembuatan semen dan baja, serta bahan bakar industri dan rumah tangga.

  1. Bauksit
Baca Artikel  Deretan Negara Eropa yang Beli Batubara Indonesia

Bauksit adalah barang tambang campuran untuk bahan dasar pembuatan alumunium. Juga sebagai bahan abrasif dalam berbagai macam peralatan seperti perkakas rumah tangga dan badan pesawat terbang.

Di Indonesia sendiri, tambang bauksit dapat ditemukan di Kepulauan Bintan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Bangka Belitung. 

  1. Besi

Besi biasanya berbentuk butiran pasir dengan unsur Ferrum (fe) sebelum diolah. Besi umumnya dimanfaatkan sebagai bahan baku perkakas dan alat rumah tangga, juga bahan baku pembangunan gedung, rumah atau bangunan lainnya, serta pembuatan baja.

Daerah penghasil bijih besi di Indonesia seperti di Pulau Obi, Pegunungan Verbeek, Kotawaringin, Cilacap dan Cilegon.

  1. Nikel

Nikel adalah barang tambang sebagai bahan campuran dengan besi, tembaga dan kuningan. 

Baca Artikel  Menguak Potensi Batubara Metalurgi yang Miliki Ragam Manfaat

Nikel mengandung unsur logam berwarna putih perak yang memiliki sifat lentur dengan bobot atom sekitar 58,71. Nikel dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan uang logam.

Baca Juga: Catat! Proses Pembentukan Barang Tambang dan Persebarannya

Daerah penghasil nikel Indonesia kebanyakan berada di Luwu Timur, Kolaka, Morowali, Halmahera dan Pulau Gag.

  1. Tembaga

Tembaga adalah logam berwarna kemerahan yang dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik, sehingga sering digunakan sebagai peralatan elektronik. Selain itu, barang tambang ini banyak digunakan untuk pembuatan suku cadang, pipa air, industri konstruksi dan pembuatan kuningan. 

Daerah penghasil tembaga di Indonesia ada Cikotok, Tirtomoyo, Sangkarapi dan Kompara. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer