Kamis, Juli 25, 2024
Berita TambangBrown Canyon, Tebing Batu Mempesona di Area Pertambangan

Brown Canyon, Tebing Batu Mempesona di Area Pertambangan

Pernahkah kamu membayangkan jika area pertambangan bisa menjadi sebuah destinasi wisata menarik? Keajaiban itu bisa kamu temui di kota Semarang, dimana masyarakat setempat kerap menyebutnya sebagai Brown Canyon.

Panorama keindahan destinasi wisata ini terbentuk dari aktivitas pertambangan tanah di Meteseh dan menjadi tujuan bagi wisatawan penggemar fotografi.

Sebelum menjadi tempat wisata di Semarang, Brown Canyon berfungsi sebagai daerah pertambangan lokal yang telah ada satu dekade. Pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar memanfaatkan lokasi tersebut untuk menambang pasir dan batu. 

Baca Juga : Mengulik Karakteristik dan Manfaat Timah dalam Kehidupan

Banyak wisatawan yang datang ke Brown Canyon untuk berfoto. Terdapat beberapa tebing buatan yang menjulang sehingga menarik sebagai latar foto. Ada pula genangan air bekas penggalian yang dapat dijadikan objek potret. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena area pertambangan ini masih aktif.

Baca Artikel  Intip yuk Pekerjaan yang Tersedia Di Industri Pertambangan

Banyak truk yang melintas serta alat-alat berat yang digunakan untuk mengikis tebing. Pengunjung harus waspada dan tidak boleh sembarangan berjalan atau naik ke bukit karena berbahaya.

Walaupun berada di area pertambangan, namun Brown Canyon berhasil membuat siapapun jatuh hati ketika melihatnya. Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan wisata alam lainnya, sehingga sayang jika belum pernah mengunjunginya.

Baca Juga : Yuk Kenali Jenis-jenis Batubara dan Karakteristiknya

Wisata alam ini berada di daerah Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebenarnya tidak sulit untuk ke sini karena letaknya sendiri yang berdekatan dengan Stasiun TVRI Jawa Tengah. Apabila tertarik mengunjunginya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Baca Artikel  Mengenal Ilmu Geofisika dan Aplikasinya di Industri Tambang

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer