Minggu, April 21, 2024
Berita TambangMengenal Ilmu Geofisika dan Aplikasinya di Industri Tambang

Mengenal Ilmu Geofisika dan Aplikasinya di Industri Tambang

ilmutambang.com – Pengaplikasian ilmu geofisika dalam industri tambang bermanfaat untuk para pekerja tambang agar bisa mengeksplorasi lebih lanjut terkait kandungan yang ada di perut bumi, seperti minyak bumi, gas, dan mineral bumi. 

Secara garis besar, ilmu geofisika adalah ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip fisika untuk mengetahui dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan bumi, atau dapat juga diartikan mendalami kajian bumi dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika.

Sedangkan dalam pengertian luas, ilmu geofisika menjadi alat yang dipakai untuk mengkaji struktur dan komposisi interior bumi.

Ilmu geofisika ini memiliki peranan yang  penting dalam menemukan sumber minyak bumi dan sumber daya mineral. 

Baca Artikel  Ilmu Geofisika dan Tambang, Ada yang Tahu Hubungan Keduanya?

Di samping itu, ilmu geofisika akan semakin perlu penerapannya jika digabungkan dengan metode-metode yang dikembangkan. Di antaranya melalui metode gravitasi, seismik, magnetik, listrik,dan elektromagnetik. 

Meskipun demikian, penerapan metode ini juga masih memiliki kendala dalam eksplorasi dan proses penggalian barang tambang. 

Semua pengaplikasian metode ini sangat berperan besar karena indikator geologis semakin berkurang.

Berdasarkan informasi geologis yang diamati di permukaan bumi,  ilmuwan memperkirakan adanya endapan dan kekayaan bumi yang masih bisa dieksplorasi.

Akan tetapi, indikator-indikator geologis tersebut kian berkurang makin banyak sumber minyak bumi dan mineral yang telah dieksplorasi. 

Karena indikator-indikator geologis menemukan sumber minyak bumi dan mineral berkurang, maka diperlukan teknik eksplorasi baru untuk melihat dan menyelidiki formasi sumber daya alam di bawah permukaan bumi.

Baca Artikel  Menjanjikan! Lulusan Geofisika Bisa Bekerja di Pertambangan

Kondisi ini, menurut para ahli, membuat penerapan ilmu geofisika dalam kajian eksplorasi baru semakin dibutuhkan.

Adapun realisasi ilmu geofisika yang bisa diterapkan di dunia tambang guna menyelesaikan masalah ini adalah menggunakan instrumen-instrumen fisika, membuat pengukuran dengan pendekatan yang ada di ilmu fisika, hingga perhitungan komposisi batuan.

Selain pemanfaatan di bidang geologis, ilmu geofisika juga dapat dimanfaatkan dalam penyelidikan kebumian.

Baca Juga: Istilah-istilah dalam Ilmu Tambang yang Jarang Diketahui!

Mulai mitigasi bencana gempa bumi, mitigasi bencana gunung api, eksplorasi mineral dan logam, serta untuk kepentingan pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan bangunan.

Namun, perlu diketahui, untuk seluruh pemanfaatan ilmu geofisika harus menggunakan metode yang sesuai dengan kondisi lapangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer