Selasa, April 16, 2024
Berita TambangIstilah-istilah dalam Ilmu Tambang yang Jarang Diketahui!

Istilah-istilah dalam Ilmu Tambang yang Jarang Diketahui!

Saat menggeluti sebuah pekerjaan di bidang tertentu, terdapat ragam istilah khusus yang akan memperkaya wawasan ilmu pengetahuan dalam sebuah pekerjaan, termasuk pekerjaan di industri tambang.  

Meski istilahnya tergolong banyak dan sering diucapkan, namun ada juga istilah-istilah lainnya dalam ilmu tambang yang sebagian besar orang jarang diketahui.

Ragam istilah tersebut sangat penting dipahami, mengingat tujuan utama penggunaan dari istilah-istilah di ilmu tambang ini untuk memperjelas dan mempersingkat pesan yang akan disampaikan secara langsung maupun melalui media saat melakukan pekerjaan.

Berikut ini dirangkum istilah-istilah penting dalam ilmu tambang yang jarang diketahui. 

Country rock

Country rock atau batuan samping adalah lapisan batuan yang mengelilingi suatu endapan bijih.

Baca Artikel  Simak Nih! Pengertian Land Clearing di Pertambangan

Development 

Development adalah pekerjaan untuk membuat lubang-lubang bukaan ke arah dan di dalam endapan bijih yang sudah pasti ada sebagai persiapan untuk penambangan dan pengangkutan endapan bijih tersebut.

Delay

Ungkapan kata delay digunakan untuk menyebutkan waktu yang terbuang, namun dapat dikendalikan secara sengaja oleh manusia. Misalnya waktu istirahat dan lain sebagainya.

End Wall

Penamaan ini memiliki arti akhir dari area pertambangan. Biasanya berbentuk dinding tinggi dan terdapat paling ujung area tambang.

Float

Float adalah bagian atau pecahan dari endapan bijih yang tersingkap dan karena gaya-gaya pelapukan terbawa ke arah lembah. 

Idle 

Kata ini merupakan nama lain untuk waktu yang terbuang dalam proses penambangan, akibat hal-hal yang tidak dapat dikendalikan manusia. Biasanya terjadi karena faktor alam dan lingkungan, seperti hujan, kabut, dan lainnya.

Baca Artikel  5 Tambang Ini Penghasil Emas Terbesar Indonesia

Shaft

Shaft adalah istilah pada lubang galian yang berbentuk vertikal. Biasanya shaft sangat panjang dan digunakan untuk membuka jalan di dalam lokasi pertambangan.

Stope

Stope merupakan istilah digunakan untuk ruangan dalam area pertambangan yang dipilih dan digunakan untuk proses pengambilan, serta penyimpanan sementara ore. 

Baca Juga: Potret Teknik Ilmu Pertambangan Secara Menyeluruh

Ore

Nama lain dari ore adalah endapan bijih. Bijih ini merupakan batu hasil galian dari pertambangan berbahan mineral yang tinggi nilai ekonomisnya. Biasanya ore dapat berupa logam maupun nonlogam. 

Prospecting

Prospecting adalah istilah yang mengacu pada kegiatan penyelidikan, pencarian, atau penemuan endapan-endapan mineral di pertambangan.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer