Jumat, Juni 14, 2024
Berita TambangIlmu Geofisika dan Tambang, Ada yang Tahu Hubungan Keduanya?

Ilmu Geofisika dan Tambang, Ada yang Tahu Hubungan Keduanya?

ilmutambang.com – Ilmu Geofisika bertujuan untuk membantu eksplorasi sumber daya alam tambang seperti minyak dan gas bumi.

Bahan tambang biasanya berada di kedalaman sepuluh kilometer di bawah permukaan bumi. Penerapan ilmu ini membutuhkan penguasaan teknologi, informasi yang tinggi dan SDM yang berkualitas.

Geofisika mempelajari dan menerjemahkan pesan alam yang disampaikan melalui bahasa fisika, seperti getaran, elektromagnetik, resistivitas, gaya berat, magnetik, suhu dan radiometri ke dalam bahasa manusia.

Struktur Bumi
Struktur Bumi. Ilustrasi: ensiklopedi sains-DK

Informasi kandungan bawah permukaan bumi itu diukur menggunakan alat ukur sesuai dengan parameter yang akan diamati. 

Dalam setiap pengukuran suatu besaran fisika dan semua pengaruh medium bumi itu masuk ke dalam alat ukur, kemudian data itu diproses secara seksama. Objek yang dikaji tersebut adalah sinyal.

Seorang geofisikawan mendengar dan merekam saja apa kata alam melalui bahasa fisika. Bila sudah mendengar, merekam, memproses dan memahami makna pesan tersebut, maka akan diperoleh banyak informasi yang disampaikan oleh alam.

Baca Artikel  Menjanjikan! Lulusan Geofisika Bisa Bekerja di Pertambangan

Geofisikawan juga perlu menguasai sensor dan instrumentasi perekaman untuk menangkap pesan hingga pemodelan dan interpretasi untuk menerjemahkannya.

Untuk dapat mendengar dan menerjemahkan pesan alam tersebut melalui bahasa fisika, diperlukan sarana dan teknologi yang tepat sehingga keakuratan pesan tadi dapat diterjemahkan dengan benar.

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer