Senin, April 15, 2024
Berita TambangTop! Cadangan Batubara Indonesia Cukup 65 Tahun Ke Depan

Top! Cadangan Batubara Indonesia Cukup 65 Tahun Ke Depan

Indonesia dianugerahi sumber daya alam melimpah, salah satunya yaitu batubara. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sumber daya dan cadangan batubara Indonesia masih cukup untuk 65 tahun ke depan.

Kementerian ESDM juga menyebut, daerah dengan cadangan batubara Indonesia terbesar yaitu berada di Kalimantan dan Sumatera. Tak heran, banyak perusahaan tambang batubara itu beroperasi di dua daerah tersebut.  

Total cadangan batubara Indonesia saat ini mencapai 38,8 miliar ton. Selain cadangan batubara, masih ada juga sumber daya batubara yang tercatat sebesar 143,7 miliar ton.
Umur cadangan batubara Tanah Air diprediksi mencapai 65 tahun ke depan ini sudah dengan asumsi produksi batubaranya sebesar 600 juta ton per tahun.

Data Kementerian ESDM per Januari 2022 menjelaskan, Kalimantan menyumbang sumber daya batubara sebesar 88,31 miliar ton dan cadangan sebesar 25,84 miliar ton. Ini artinya, Kalimantan menyumbang 62,11% dari “harta karun” batubara di Indonesia. 

Kemudian, sumber daya batubara di Sumatera 55,08 miliar ton dan cadangan mencapai 12,96 miliar ton. Sumatera menyumbang 37,70% dari potensi batu bara nasional.

Selain itu, ada juga daerah lainnya yang menyimpan cadangan batubara, meski dalam porsi kecil, di antaranya Jawa menyumbang sumber daya 0,06 miliar ton, Sulawesi 0,07 miliar ton, Papua sebesar 0,01 miliar ton, dan Halmahera 0,01 miliar ton.

Itu dia informasi mengenai sumber daya batubara dan berbagai daerah yang menyimpan cadangan batubara di Indonesia. Melihat potensi batubara yang begitu besar, semoga bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Mungkin kalian suka baca :

Artikel Terbaru

Artikel Populer